Koordinator Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran Hendy Setiono menyebut keberadaan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berdampak pada pergerakan dukungan di wilayah "Tapal Kuda" dan Pulau Madura yang masuk ke pasangan Prabowo-Gibran.

"Setelah Bu Khofifah turun, memang ada pergerakan signifikan, seperti di wilayah 'Tapal Kuda' dan Madura yang sebelumnya didominasi pasangan calon sebelah," kata Hendy di DBL Arena Surabaya, Minggu.

Wilayah "Tapal Kuda" meliputi sebagian timur Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Banyuwangi

Hendy menyebut masuknya Khofifah Indar Parawansa sebagai dewan pengarah di TKN Prabowo-Gibran juga meningkatkan rasa kepercayaan diri para relawan maupun para partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk memenangkan wilayah Jawa Timur, pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) yang digelar 14 Februari 2024.

Bahkan, kata dia keberadaan Khofifah memperkuat harapan kemenangan satu putaran.

"Diharapkan di atas 50 persen dan bisa sekali putaran di 14 Februari 2024," ujarnya.

Sebagaimana yang diketahui, tugas Khofifah di TKN tertera di surat SK/769/TKN-PG/1/2024 dan mulai aktif pada 21 Januari 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024