Sekolah dengan segudang prestasi, SMA Negeri 8 Jakarta (Smandel), kembali menggelar kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang bernama 'TeSIS' atau Temu Ilmiah dan Sosial Smandel.

TeSIS merupakan salah satu program unggulan di SMA Negeri 8 Jakarta yang sudah ada sejak tahun 2003 sehingga kegiatan ini sudah berlangsung lebih dari 20 tahun. TeSIS memadukan kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di dalam kelas menjadi kegiatan penelitian di luar kelas dan penyusunan karya ilmiah.

Tahun ini, TeSIS diselenggarakan di Desa Serang, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah. Kegiatan ini berlangsung dari hari Rabu (24/1) hingga hari Sabtu (27/1) dan diikuti oleh seluruh siswa kelas XI Smandel Jakarta.

Sebanyak 358 siswa akan merasakan suasana lain di desa, berbaur dengan penduduk, dan tinggal di rumah penduduk. Sedangkan dua orang siswa akan melakukan TeSIS di sekitar lingkungan rumah masing-masing. Pemilihan tempat ini sesuai dengan keinginan siswa.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi hadir dan memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan TeSIS 2024. Dalam sambutannya, beliau berpesan agar adik-adik peserta TeSIS bisa belajar kehidupan di desa dan melihat kemajuan di desa tersebut.

"Selamat melakukan observasi adik-adik semua. Tetap sehat dan tetap semangat," ujarnya.

Mukhlis, M.I.Kom, Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta mendampingi peserta selama TeSIS berlangsung dan pada saat pembukaan TeSIS di Lapangan Sekar Bintang, Desa Serang Purbalingga, beliau menyampaikan pesan, "Ananda giat dengan kegiatan keilmiahan. Jadi ada penyatuan antara kegiatan-kegiatan ilmiah dan sosial. Ketika sudah mengetahui realita di masyarakat, mudah-mudahan muncul inspirasi kedepan ketika menjadi generasi penerus pemimpin bangsa,".

“Tagline SMAN8 Jakarta: Generasi Emas, Cerdas, Tangguh, Peduli ini merupakan tanggung jawab bagi angkatan-angkatan akan datang. Kenapa? karena mereka akan menjadi generasi pemimpin bangsa. Jadi harus siap kondisi seperti apa di masyarakat. TeSIS merupakan salah satu bentuk upaya itu. Hingga saat ini hanya SMAN 8 Jakarta yang memiliki kegiatan TeSIS," papar Mukhlis.

Ketua TeSIS 2024, H. Edy Pramono, SPd menambahkan, terdapat hal yang unik dan menarik dalam kegiatan TeSIS kali ini. SMAN 8 akan berkolaborasi dengan dua sekolah lainnya yakni SMAN 1 Gegesik Cirebon Jawa Barat dan SMAN 1 Bobotsari Jawa Tengah.

"Kolaborasi ini selain untuk memberikan pengalaman, juga memberi kesempatan bagi para siswa SMAN untuk bergaul, belajar dan bekerja sama dalam tim dengan siswa dari sekolah lain, bisa jadi model TeSIS SMAN 8 ditiru sekolah tersebut, tidak masalah, karena ini sesuatu yang baik," katanya.

Edy juga mengungkapkan TeSIS yang digelar SMAN 8 merupakan kegiatan unggulan dan mungkin satu-satunya SMA Negeri yang mampu terus menerus melakukan kegiatan ilmiah yang digabung dengan program pengabdian masyarakat.

Dalam kegiatan TeSIS 2024 ini, juga akan dilakukan kegiatan program penanaman seribu pohon yang merupakan dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Membangun Kecerdasan Interpersonal, Ketua Komite SMAN 8 Jakarta Ariesta dalam pembukaan TeSIS 2024 mengatakan, kegiatan TeSIS ini penting sekali, selain meningkatkan keterampilan menulis ilmiah dan menumbuhkembangkan jiwa sosial siswa, juga melatih siswa untuk dapat merencanakan, melaksanakan dan melaporkan kegiatan penelitian ilmiah, serta memupuk kebersamaan dan kemampuan bekerja sama di dalam tim.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024