Kapolres Pamekasan AKBP Jazuli Dani Iriawan mengajak insan pers dari berbagai media massa untuk proaktif mendorong partisipasi pemilih melalui pemberitaan agar datang ke tempat pemilihan suara (TPS) pada pelaksanaan pemungutan suara yang akan digelar pada 14 Februari 2024.

"Peran media massa sangat penting dalam ikut mengingatkan masyarakat untuk datang ke TPS. Pemberitaan yang mendidik dan mencerahkan akan sangat berarti bagi masyarakat terutama tentang pentingnya menggunakan hak suara mereka dalam ikut menentukan calon pemimpin bangsa ini untuk lima tahun yang akan datang," katanya dalam acara dialog dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Mapolres Pamekasan, Jumat.

Dalam acara bertajuk "Bersama Menangkal Hoaks Menjelang Pemilu 2024" itu, Kapolres mengemukakan, pemberitaan media massa akan sangat membantu dalam memberikan pendidikan yang baik kepada masyarakat.

Selain media massa, media sosial juga memiliki andil yang sangat penting, mengingat jenis media ini sangat diminati oleh kalangan generasi Z.

Baca juga: Polres Pamekasan tangkap jaringan pengedar narkoba antar pulau

"Karena itu, mari kita bersama-sama untuk saling membantu untuk menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pemetaan sejumlah daerah rawan di Kabupaten Pamekasan yang perlu mendapatkan perhatian khusus.

Berbagai jenis kegiatan dalam rangka menekan angka kriminal dan menciptakan situasi kondusif menjelang Pemilu 2024 terus dilakukan. Di antaranya dengan melakukan patroli skala besar bersama TNI.

"Jika kita semua kompak, termasuk media, kami yakin, Pemilu 2024 yang sebentar lagi akan digelar bisa berjalan sesuai harapan," ujarnya menjelaskan.

Sementara itu, Ketua PWI Pamekasan Hairul Anam menyatakan, pers sebenarnya memiliki kepentingan yang sama dalam ikut menciptakan situasi kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024. Sebab, selain berfungsi menyampaikan informasi yang juga tidak kalah penting dalam dunia pers adalah berupaya menciptakan situasi kondusif melalui pemberitaan yang mendidik dan mencerahkan publik.

"Kepentingan pers adalah pada publik. Oleh karena itu, maka berupaya menciptakan situasi kondusif melalui pemberitaan juga sebagai bentuk tanggung jawab moral yang harus kita lakukan," tuturnya.

Pemilu 2024 di Kabupaten Pamekasan akan digelar di 2.448 TPS yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024