Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengungkapkan pemimpinan muda yang punya keinginan besar membangun daerahnya dan negara, hingga memiliki perhatian kepada rakyat merupakan sosok pemimpin muda ideal di matanya.

"Banyak pemimpin muda yang muncul, dari para pemimpin ini yang paling penting adalah setia, mengabdi dan cinta rakyat Indonesia," ujar Prabowo melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Rabu.

Soal kriteria pemimpin muda, Prabowo juga menyebut Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menjadi representasi kalangan pemuda yang mampu menunjukkan kapasitas dan kapabilitasnya membangun daerah asal.

Bahkan Prabowo secara langsung menanyakan usia Emil ketika kali pertama menduduki jabatan sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur.

"Saya di sini didampingi oleh Pakde Karwo Gubernur Jawa Timur dua periode, nah kalau ibu Khofifah Indar Parawansa ini penerus beliau dan juga kita didampingi oleh pemimpin muda kita Emil Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur. Mas Emil pertama kali jadi Wagub umur berapa? Sekarang usia berapa," ujarnya. 

Prabowo pun mengetahui bahwa Emil duduk sebagai wakil gubernur di usia 34 tahun.

"Jangan tanya usia saya ya, pokoknya saya sedikit di atas Mas Emil Dardak. Mas Emil pertama kali jadi Wagub usia 34, sekarang usianya 39 tahun," ujar Menhan.

Prabowo yakin seiring berjalannya waktu bakal lebih banyak lagi pemimpin-pemimpin muda yang lahir untuk melanjutkan kinerja pembangunan negara.

Dia juga berharap nantinya para pemimpin muda mampu menunjukkan rasa cinta dan kepedulian pada masyarakatnya. 

"Banyak pemimpin muda yang muncul," ujarnya.

Sebagaimana yang diketahui, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendampingi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meresmikan Eksplorasi dan Pipanisasi Sumber Air Bersih se-Madura di Pondok Pesantren Al-Anwar Patereman, Kecamatan Modung, Kebupaten Bangkalan, pada Selasa, 23 Januari 2024.

Peresmian sumber air bersih merupakan upaya mitigasi untuk mengatasi kesulitan air bersih di sejumlah desa di Pulau Madura. Tercatat, pada tahun 2023 terdapat 53 desa rawan air di Kabupaten Bangkalan, 75 desa di Kabaputen Sampang, 82 desa di Kabupaten Pemekasan, dan 42 Desa di Kabupaten Sumenep.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024