Kelompok relawan mengatasnamakan Persatuan Pedagang Tembakau Jember berkomitmen mendukung pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada 14 Februari 2024.

Dalam siaran pers diterima di Surabaya, Jumat pagi, dukungan dikemas melalui tradisi arak-arakan,  drum band dan tari barongan di kawasan Kecamatan Kalisat.

"Ini sebagai cara tepat untuk menghibur dan mendapatkan hati masyarakat. Kami dari komite independen Prabowo-Gibran ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemilihan umum harus dalam suasana riang gembira," ujar Ketua Komite Independen Pemenangan (KIP) Prabowo-Gibran Kabupaten Jember, Wigit Prayitno.

Menurut dia, dukungan tersebut juga untuk menunjukkan suasana Pemilu damai dan gembira, serta jauh dari provokasi yang menimbulkan gesekan dan pertikaian.  

"Oleh karena hiburan semacam ini sangat diperlukan untuk menunjukkan bahwa kita itu ingin pemilu damai, sehingga urusan politik jangan sampai menjadi suatu pertengkaran. Mari berkompetisi secara sehat dengan menghibur masyarakat," ucap dia.

Pihaknya optimistis suara pasangan nomor urut 2 bisa mencapai angka 52 persen di Jember sehingga mampu menyumbang tekad untuk menang satu putaran.

Sementara itu, Ketua Persatuan Pedagang tembakau Jember Masyhuri mengatakan deklarasi ini diikuti oleh anggota dari beberapa kecamatan.

Pihaknya menilai Prabowo merupakan figur yang paling mengerti dan mengayomi petani dan pedagang tembakau.

Jika nanti Prabowo jadi Presiden, lanjut dia, Jember sebagai kota tembakau bisa diberdayakan sehingga produk-produk tembakau unggulan bisa ditingkatkan dan kesejahteraan meningkat, baik petani maupun pedagangnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024