Partai Perindo memberikan pembekalan dan penguatan kepada 80 orang terdiri dari calon legislatif kabupaten/kota dan provinsi, sukarelawan, serta saksi untuk Pemilu 2024 di Surabaya, Kamis (18/1) malam.
 
"Kegiatan malam ini mengumpulkan caleg kabupaten/kota dan provinsi untuk merapatkan barisan dan memberikan pembekalan kepada saksi-saksi demi kemenangan Perindo," ujar Caleg DPRD Provinsi Dapil Jatim I Partai Perindo Irwan Pontoh.
 
Adapun gol dari kegiatan itu untuk menguatkan pergerakan para caleg turun ke akar rumput menyapa warga untuk mendapatkan dukungan.
 
"Saksi-saksi yang hadir di sini juga diberikan pembekalan agar mereka semua bisa berangkat ke TPS melakukan kewajibannya," katanya.
 
Sementara itu, Wakil ketua DPW Partai Perindo Jatim Moh Badaruddin mengatakan dalam konsolidasi itu, dirinya memberikan pengalamannya kepada para caleg bagaimana melakukan pendekatan kepada masyarakat.
 
"Kami bekali bagaimana pendekatan ke masyarakat yang dimulai dari lingkungan sekitar. Dibangun tidak hanya sekali, tetapi berulang-ulang, seperti itu," ucapnya.
 
Dia juga mempersilakan para caleg masuk ke daerah yang sama untuk menyapa warga. Hal itu harus dilakukan untuk mempertahankan dukungan agar tidak terpecah ke caleg partai lain.
 
"Misalnya, di satu RT ada 150 warga, 100-nya ada di pihak kami dan itu harus dirawat, terus dikomunikasikan agar mereka tidak terafiliasi dengan partai lain meskipun 100, tetapi untuk untuk kami," tuturnya.
 
Badaruddin mengakui jika dibandingkan dengan caleg petahana tentu akan sulit mendapatkan perhatian dari masyarakat. Maka dari itu, caleg-caleg ini harus berkorban tiga kali lipat.
 
"Ya, harus berkorban waktu, tenaga, pikiran, dan uang karena ini momen, harus ada upaya tinggi untuk menang melawan petahana," kata dia.
 
Menurutnya, kedekatan caleg kepada warga akan mendapatkan umpan positif untuk dukungan kepada mereka.
 
"Kalau petahana dapat fasilitas dari pemerintah, tidak teratasi kalau dibandingkan caleg-caleg yang bukan petahana sehingga harus usaha tiga kali lipat kami," katanya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024