Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Kamis, menerima pengiriman surat suara untuk pemilihan presiden (pilpres) dan langsung menyimpannya di gudang logistik KPU yang berada di kompleks gudang Bulog setempat, jalan raya Ponorogo-Madiun.

"Logistik surat suara untuk pilpres ini kami terima sebanyak 775.210 eksemplar," kata Ketua KPU Ponorogo, Munajat, di Ponorogo, Kamis.

Jumlah itu, lanjut dia, sudah termasuk surat suara cadangan untuk mengantisipasi kekurangan surat suara/surat suara rusak ataupun kemungkinan digelarnya pemungutan suara ulang di tingkat TPS.

Jumlah DPT (daftar pemilih tetap) Kabupaten Ponorogo untuk Pemilu 2024 menurut data yang dirilis KPU Ponorogo ada sejumlah 758.688 orang.

Ratusan ribu surat suara untuk pilpres tersebut dikemas dalam bok karton berjumlah 388 buah. Pun, saat ini pihaknya juga telah merampungkan pelipatan surat suara untuk DPRD Kabupaten.

"Yang sudah selesai itu DPRD Kabupaten, saat ini yang proses pelipatan itu untuk surat suara DPD," katanya.

Munajat juga menjelaskan jika saat ini pihaknya juga tengah menunggu kedatangan surat suara untuk DPRD Provinsi serta DPRD RI.

Diperkirakan kedatangan surat suara dengan warna kuning dan biru tersebut tiba pada pekan ini.

"Untuk DPRD RI kemungkinan nanti malam atau besok, kalau provinsi saya belum dapat informasinya," ujarnya.

Meski dengan bertambahnya surat suara tersebut, Munajat mengklaim jumlah SDM yang melakukan pelipatan tidak dilakukan penambahan. Sebab, pelipatan sudah dilakukan oleh masyarakat yang berpengalaman.

"Untuk surat suara Pilpres yang datang tadi malam, semuanya dalam kondisi baik tidak ada yang rusak," katanya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024