Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, memperkirakan perakitan 19.369 kotak suara Pemilu 2024 tuntas pekan depan.

"Kami mulai merakit kotak suara sejak Rabu (3/1) pekan lalu dan hingga Selasa ini yang sudah terakit sebanyak 9.391 kotak suara. Insya-Allah akan tuntas pekan depan," kata Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi di Sumenep.

KPU Sumenep merakit puluhan ribu kotak suara itu di dua tempat, yakni di gudang milik KPU setempat dan salah satu gudang di Jalan Lingkar Barat di Kecamatan Batuan yang disewa KPU.

KPU Sumenep mempekerjakan 40 orang untuk merakit puluhan ribu kotak suara itu setiap hari.

Puluhan ribu kotak suara tersebut untuk Pemilihan Presiden-Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota.

Dari jumlah kotak suara yang sudah terakit itu ditemukan sebanyak 39 kotak suara masuk kategori rusak. 

"Ini jumlah sementara dan bisa saja bertambah, karena perakitan kotak suara masih berjalan dan baru selesai sekitar 50 persen. Kami akan melaporkan adanya kotak suara rusak tersebut ke KPU RI agar diganti," kata Rafiqi, menerangkan.

Ia berharap perakitan kotak suara Pemilu 2024 itu tuntas secepatnya, karena sebagian akan secepatnya didistribusikan ke kecamatan kepulauan terjauh, seperti Masalembu dan Sapeken.

Sumenep terdiri atas 27 kecamatan, yakni 18 kecamatan di daratan dan 9 kecamatan di kepulauan.

Sesuai jadwal dan tahapan pelaksanaan Pemilu 2024, hari "H" pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilihan Presiden-Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, pada 14 Februari 2024.

Sementara Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Sumenep sebanyak 877.135 orang, dengan rincian 414.340 laki-laki dan 462.795 perempuan. Mereka tersebar di 3.863 tempat pemungutan suara (TPS) pada 334 desa/kelurahan di 27 kecamatan.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024