Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung menerima ratusan kardus logistik surat suara untuk DPR RI dan langsung disimpan di gudang logistik KPU di Jalan Boyolangu, Jumat.

Total surat suara yang diterima kali ini berjumlah 877.612 eksemplar plus 1.000 lembar untuk cadangan pemungutan suara ulang (PSU).

"Ini merupakan logistik surat suara kedua yang sudah kami terima dari KPU RI. Sebelumnya, kami juga sudah menerima logistik surat suara untuk DPRD kabupaten," kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Tulungagung Much. Arif, Jumat.

Untuk logistik surat suara DPRD kabupaten, KPU Tulungagung menerima sebanyak 883.612 eksemplar, lengkap untuk semua dapil (daerah pemilihan), sedangkan surat suara untuk DPRD provinsi, DPD, serta pilpres masih dalam proses produksi dan menunggu jadwal/giliran pengiriman, sesuai instruksi KPU RI.

Arif mengatakan, tahapan lanjutan berkaitan dengan logistik pemilu sejauh ini masih menunggu seluruh jenis surat suara diterimakan ke KPU Tulungagung.

Jika sudah lengkap ada lima jenis surat suara (DPR, DPRD provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD dan Pilpres), pihaknya baru melangkah pada tahapan lanjutan, yakni kegiatan sortir dan pelipatan surat suara.

Logistik lain yang menjadi pendukung surat suara, seperti tinta, plastik, kotak suara, bilik pemungutan dan sebagainya, sejauh ini sudah mencapai 50 persen.

"Jadi, sementara menunggu logistik lain, yang sudah datang itu kami lakukan setting, kami lakukan pengemasan serta mungkin sortir untuk mengantisipasi jika ada cacat atau rusak dan sebagainya," tutur dia.

"Jadi sudah ada 50 persen itu kami selesaikan lebih dulu pengepakannya, baru nanti sisanya kalau logistik yang saat ini proses produksi datang," katanya menambahkan.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024