Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri Zanariah mengingatkan kepada seluruh ASN agar lebih bersemangat dan bekerja lebih smart di tahun 2024 dengan harapan berbagai program bisa terealisasi dengan baik.

"Selamat tahun baru kepada semuanya. Tahun baru semangatnya harus baru, makin kencang speednya, serta menjadi ASN yang smart. Mampu bekerja efektif, efisien, dan terarah untuk mencapai resolusi dan harapan baru di tahun 2024," katanya di Kediri, Selasa.

Zanariah saat apel perdana di 2024 di halaman Balai Kota Kediri itu menambahkan pihaknya memberikan apresiasi pada pegawai yang ikut apel perdana di tahun 2024 ini.

Kegiatan apel, kata dia, merupakan wujud kedisiplinan yang menjadi salah satu instrumen kinerja paling dasar untuk menilai integritas ASN. Ke depan untuk penilaian kinerja harus berdasar performance pegawai, dan dimungkinkan adanya reward and punishment.

"Terima kasih untuk semua kerja keras bapak ibu di tahun 2023. Banyak prestasi yang berhasil kita raih, namun ada juga beberapa catatan evaluasi yang perlu kita benahi bersama, termasuk capacity building personal maupun lembaga," kata dia.

Zanariah juga meminta kepada seluruh ASN agar semua kegiatan yang sudah dianggarkan pada 2024 dapat dilaksanakan sebaik-baiknya sesuai prognosis dan timeline yang sudah disusun. Kegiatan diharapkan tidak menumpuk di akhir tahun anggaran.

OPD, kata dia, dalam menyelenggarakan kegiatan juga diharapkan tidak asal-asalan. Kegiatan yang dibuat harus berdampak pada sasaran dan masyarakat. Selain itu, semua program harus sesuai RKPD, RPJMD/RPD dan RPJPD.

"Kami agendakan pertemuan rutin mingguan dengan kepala OPD boleh setiap Senin atau Jumat pagi sekaligus coffee morning. Tahun ini kami buat perubahan semua OPD harus menguatkan koordinasi, konsolidasi dan kolaborasi, serta berinovasi. Tidak ada lagi OPD bergerak sendiri dan CSR semua satu pintu," ujarnya.

Zanariah juga mengingatkan kepada seluruh ASN untuk menjaga netralitas. Apalagi di tahun 2024 ini ada masa kampanye dan menjelang hari H pemilu. ASN harus berhati-hati menggunakan jari untuk bermedia sosial.

Tak kalah penting, lanjut dia, ASN harus menjaga kesehatan di tengah cuaca yang tidak menentu serta adanya penyebaran COVID-19 varian baru.

"Mari kita berdoa pada Allah agar selalu dilindungi, diberi petunjuk dan dilancarkan dalam bekerja melayani masyarakat. Untuk yang sakit atau tidak enak badan silakan menggunakan masker," kata dia.

Kegiatan apel tersebut diikuti oleh Sekretaris Daerah, para Asisten, kepala OPD, direktur BUMD, serta ASN di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Kediri.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024