Relawan Prabowo-Gibran Penerus Negeri memberikan edukasi terkait pencegahan stunting dan pelatihan wirausaha kepada masyarakat di tiga kecamatan di Sidoarjo, yakni kecamatan Krian, Waru, dan Taman.
 
"Kegiatan bertajuk 'Bantu Negeri' ini dihadiri total sekitar 600 peserta. Kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang stunting (gangguan pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang) yang masih menjadi salah satu problem di masyarakat," kata Ketua Penerus Negeri Jawa Timur Arditto Grahadi dalam keterangannya, Kamis
 
Adapun pelatihan kewirausahaan diberikan agar mereka berdaya secara ekonomi. Karena salah satu faktor penyebab stunting adalah rendahnya tingkat pemahaman dan ekonomi masyarakat.
 
"Kami ingin membantu secara menyeluruh, kalau kita beri pemahaman saja tetapi dari sisi hulunya tidak kita tata, maka hasilnya tidak akan maksimal. Pemahaman tentang stunting kita tingkatkan, kesejahteraan ekonominya juga kita tingkatkan melalui pelatihan wirausaha," ujarnya.
 
Lebih lanjut ia menegaskan Penerus Negeri adalah relawan Prabowo-Gibran untuk anak muda milenial dan Gen Z. Oleh karena itu, tim ini fokus pada persoalan yang melatarbelakangi generasi muda serta memberikan ruang untuk anak muda untuk berkreasi sehingga menjadikan mereka generasi yang unggul dan berkualitas.
 
Pada kesempatan tersebut, Penerus Negeri Jawa Timur juga memberikan edukasi tentang kebersihan dan pentingnya pengelolaan sampah, menukarkan sampah yang sudah dipilah dengan sembako.
 
Dari sisi pemberdayaan ekonomi, selain memberikan pelatihan kewirausahaan Penerus Negeri juga memberikan bantuan usaha kepada lima orang di tiap kecamatan dengan nominal masing-masing Rp1 juta kepada calon-calon wirausaha.
 
"Kegiatan Bantu Negeri di Sidoarjo ini adalah yang pertama kami lakukan. Selanjutnya Bantu Negeri juga akan diselenggarakan di sejumlah daerah di Jawa Timur, diantaranya Surabaya, Kediri, Malang, Tulungagung, dan di beberapa daerah lainnya," ujar tambahnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Dewan Pembina Penerus Negeri H. M. Ali Affandi La Nyalla Mahmud Mattalitti menegaskan bahwa anak muda adalah penerus bangsa. Mereka harus dibina dan diarahkan, baik secara keilmuan, mental dan spiritual, serta ekonomi agar tujuan pemerintah Indonesia Emas di 2045 bisa terwujud. 
 
"Dan acara Bantu Negeri adalah program Penerus Negeri untuk membantu secara langsung kepada masyarakat sesuai dengan program Prabowo-Gibran yaitu pencegahan stunting dan pelatihan wirausaha," kata Mas Andi, panggilan akrab H.M. Ali Affandi La Nyalla Mahmud Mattalitti, Caleg DPR RI nomor urut 2 Dapil Surabaya dan Sidoarjo dari Partai Demokrat tersebut. 
 
Mas Andi yang saat ini menjabat sebagai Ketua Kadin Surabaya berharap program Penerus negeri bisa mencetak wirausaha dari daerah masing-masing dan mampu membentuk anak-anak muda yang berkualitas unggul untuk menjadi wirausaha, pemimpin masa depan, dan lain sebagainya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023