Momen libur panjang seperti saat ini Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024 tentunya dimanfaatkan bagi banyak keluarga untuk liburan bersama keluarga. 

Berbagai wahana wisata menjadi jujukan. Bukan hanya sekadar taman bermain, pantai, namun berwisata ke perpustakaan juga bisa menjadi tempat yang apik untuk dikunjungi.

Seperti Perpustakaan Bung Karno, yang berada di area makam Presiden pertama Indonesia, Soekarno, di Kota Blitar, Jawa Timur. UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno merupakan unit pelaksana teknis perpustakaan nasional RI. Tempat ini diresmikan oleh Megawati, yang juga putri dari Bung Karno, pada 3 Juli 2004 di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. 
 
 


Saat momen liburan panjang seperti sekarang ini, perpustakaan ini ramai dipenuhi pengunjung. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sembari ziarah ke makam Bung Karno, mereka mengajak serta anak-anak untuk berwisata di perpustakaan ini.

Berbagai macam koleksi perpustakaan menarik untuk dipelajari. Secara umum terdapat koleksi khusus yang menyediakan koleksi berupa buku yang ditulis Bung Karno, buku yang ditulis orang lain tentang Bung Karno, buku yang dibaca Bung Karno dan karya pejuang lainnya.

Bung Karno adalah sosok Presiden yang juga dikenal sebagai penulis. Kegemaran menulis dimulai sejak umur 26 tahun dengan berbagai macam koleksi buku yang dituliskannya. Hingga kini, jumlah koleksi khusus Bung Karno terdapat 2.407 judul, 6.757 eksemplar (data per Agustus 2022). 

Selain tulisan, ada berbagai macam foto Presiden pertama Indonesia itu, kemudian sejarah berdirinya NKRI, foto semasa Bung Karno diasingkan. Terdapat juga koper milik Bung Karno. Koper tersebut terbuat dari kayu yang dimanfaatkan untuk menyimpan buku-buku saat ia diasingkan.

Selain fisik, ada juga koleksi digital. Di perpustakaan tersebut, dilengkapi sejumlah komputer yang di dalamnya terdapat arsip-arsip baik foto, video tentang perjuangan para pemuda dan Bung Karno saat meraih kemerdekaan. 

Ada juga beragam lukisan, diorama rumah pengasingan Bung Karno, uang seri Bung Karno, hingga atribut Bung Karno. 
 
 


Di tempat ini juga ada layanan kunjungan dengan fasilitas story telling dan pemutaran film dokumenter Bung Karno. 

Di area Perpustakaan Bung Karno tersebut, saat ini juga terdapat Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional Bung Karno.

Isi di dalamnya adalah perjalanan pemilu dari masa ke masa hingga menjelang Pemilu 2024. Tempat itu juga sekaligus sebagai edukasi kepada masyarakat tentang pemilu. 

Salah seorang pengunjung Perpustakaan Bung Karno, Ana mengaku senang berkunjung ke perpustakaan ini. Ia dapat banyak pengetahuan dan pengalaman.

Ia juga bisa mengetahui secara langsung tentang kejadian di masa perjuangan Bung Karno dan para tokoh lainnya lewat video yang dipasang di area perpustakaan.

"Ini menarik sekali. Jadi, bukan hanya bisa melihat koleksi buku, patung, bahkan saya bisa lihat koper milik Bung Karno. Unik sekali. Saya juga bisa lihat video di komputer, jadi kita bisa benar-benar seperti masuk di zaman dahulu, tahu perjuangan para tokoh untuk kemerdekaan RI," kata Ana, Rabu. 

Perpustakaan tersebut buka setiap hari mulai Senin-Minggu, jam 08.00 WIB hingga jam 16.00 WIB. Untuk libur nasional dan cuti bersama tutup. Ratusan pengunjung masuk ke perpustakaan setiap harinya, baik anak-anak maupun orang dewasa. 
 
 


Sementara itu, Kepala Bidang Pengelola Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar M Sapaat mengatakan di momen libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, pihaknya tidak membuat agenda baru di lokasi wisata makam Bung Karno.

"Kegiatannya normal. Di kawasan makam Bung Karno ini, kami tidak buat acara khusus di momentum libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024. Kami konsentrasi pelayanan ke pengunjung," kata dia. 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023