Ketua Persatuan Basket Indonesia (Perbasi) Jawa Timur Grace Evi Ekawati berharap kompetisi basket sering digelar di daerah-daerah sebagai sarana pembinaan para atlet secara berkelanjutan.

"Kejuaraan basket memperebutkan Piala Bergilir Mama Evi tingkat sekolah dasar (SD) perdana digelar di Jember, sehingga harapannya bisa dilakukan berkelanjutan setiap tahunnya," katanya di Jember, Rabu (20/12) malam.

Turnamen bola basket yang memperebutkan Piala Bergilir Ketua Umum Perbasi Jatim digelar "Pencil Course" di Kabupaten Jember pada 14-20 Desember 2024.

"Kompetisi basket selalu ditunggu oleh anak-anak meskipun evennya belum sekelas DBL, namun seringnya digelar kompetisi di sejumlah daerah akan membantu Perbasi Jatim dalam melakukan pembinaan di daerah," tuturnya.

Ia mengatakan kegiatan kompetisi basket yang digelar lembaga lain diharapkan bisa memotivasi Perbasi di daerah untuk bergerak dan lebih sering menggelar kompetisi untuk ajang pencarian bibit atlet basket yang handal.

"Kami ingin memberikan jam terbang sebaik-baiknya kepada atlet basket. Tanpa kompetisi maka Jawa Timur tidak akan berprestasi, sehingga saya mengajak Perbasi di daerah lebih aktif menggelar kegiatan kompetisi," katanya.

Perempuan yang akrab disapa Mama Evi itu hampir setiap hari melakukan road show keliling daerah di Jawa Timur untuk memberikan pembinaan terhadap para atlet basket melalui ajang kejuaraan atau turnamen.

"Sejumlah atlet basket dari Jawa Timur juga mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, sehingga saya berharap pembinaan Perbasi di daerah melalui kompetisi bisa menjadi kekuatan perbasketan di Indonesia," ujarnya.

Dalam kegiatan kompetisi basket "Piala Mama Evi" di Jember hasilnya tim putri dari SDN Kepatihan 5 Jember mendapat juara 1 yang sekaligus berhak memperoleh piala bergilir, kemudian Juara 2 diraih oleh SDN 4 Pengajuran Banyuwangi. dan ketiga SDN Kepatihan 6 Jember.

Sedangkan, tim putra yang meraih juara pertama sekaligus piala bergilir yakni SDN Kepatihan 3, kemudian disusul SD Kepatihan 5, dan SD Muhammadiyah 1 Jember.

Untuk tim putri tingkat SMP, juara pertama diraih oleh SMP Negeri 2 Jember, disusul oleh SMPN 1 Jember, dan juara 3 yakni SMPN 1 Ajung.

Sedangkan, tim putra tercatat juara 1 diraih oleh SMP Negeri 1 Jember, juara 2 diraih oleh SMP Maria Fatimah, dan juara 3 diraih SMP Negeri 1 Ajung.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023