Politikus Partai Gerindra Supriyanto memprediksi perolehan pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) hanya berada di kisaran angka 15-25 persen.

"Secara teori kubu Anies-Cak Imin berada pada ceruk pemilih di kisaran 15-25 persen, yaitu masyarakat yang tidak puas dengan kinerja pemerintah," kata Supriyanto melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Rabu.

Prediksi itu mempertimbangkan aspek teknis, diksi, narasi, tagline, slogan, hingga faktor pemenangan berdasarkan analisa kualitatif.

Salah satu faktor terkait diksi "Perubahan" yang selama ini selalu digaungkan oleh "AMIN" beserta koalis-nya.

"Secara kontekstual diksi perubahan berada pada posisi berhadapan dengan pemerintah, sedangkan tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi berada pada angka 75-85 persen," ucapnya.

Lebih lanjut, anggota Komisi II DPR RI menyebut dua partai pengusung "AMIN", yakni PKB dan Nasdem saat ini juga masih masuk jajaran pendukung pemerintah.

"Branding gerakan perubahan sebenarnya lebih dicitrakan melekat pada partai Demokrat karena ikon tersebut sudah digunakan SBY pada pilpres 2004. Justru sekarang partai Demokrat mendukung pasangan Prabowo-Gibran," kata dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023