Dinas Kepemudaan dan Olah raga (Dispora) Provinsi Jawa Timur mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pemuda dan olahraga untuk membantu gubernur dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Terbentuknya Dispora Jatim berdasarkan Perda 32 tahun 2000 dengan Penambahan satu Subdin Prasarana dan Sarana.

Dengan adanya Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007, tentang Organisasi Perangkat Daerah Lembaran Negara RepubliK Indonesia Tahun 2007, maka diterbitkan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 87 Tahun 2008 tentang Uraian Tugas Sekretariat, Bidang, Sub Bagian dan Seksi Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur.

Pada Tahun 2016, terbit Pergub No.62 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur.

Oleh sebab itu, Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur berubah menjadi Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Provinsi Jawa Timur.


Maju bersama optimis Jatim Bangkit

Kepala Dispora Jatim Ali Kuncoro akan terus berkomitmen mengembangkan prestasi di bidangnya untuk menuju optimis Jatim Bangkit.

Hal tersebut tercemin dari kegiatan dan inovasi yang terus dikembangkan demi kebaikan bersama terutama masyarakat.

Mulai dari kepemudaan, olah raga, prestasi olah raga, pembudayaan olah raga hingga kepramukaan.

Salah satunya di bidang kepemudaan, Dispora menggelar Pelatihan Pemuda Kader Provinsi Jawa Timur untuk menyongsong Indonesia Emas 2024.

Selain itu, Program Jatim Seger (Jawa Timur Senang Gerak), Perlombaan olahraga tradisional, Program dalam rangka Hari Santri 2023, Gelaran Gerak Jalan Mojokerto.

Selanjutnya, ada juga Konsistensi Parade Surya Senja, Program Pemuda Utama 2023 hingga kesuksesan Jambore Pramuka serta Raimuna 2023.
 
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) bersama Kadispora Jatim Ali Kuncoro (kanan) saat foto bersama usai kegiatan Anugerah ANTARAJatim 2023 di Surabaya, Jumat (15/12/2023). ANTARA/Rizal Hanafi


Raih penghargaan "Anugerah ANTARAJatim 2023"

Dispora Jatim meraih penghargaan "Anugerah ANTARA Jatim 2023" dalam kategori Pelaksana Program "Jatim Harmoni" Nawa Bhakti Satya Bidang Pelopor Kepemudaan dan Kesuksesan Olahraga.

Kepala Dispora Jatim Ali Kuncoro mengucapkan terima kasih kepada LKBN ANTARA yang telah mengapresiasi kinerja dinasnya dengan penghargaan tersebut.

"Semoga ini menjadi modal awal untuk membuat Dispora ke depan semakin gemilang, cettar, spekta, terus maju untuk optimis Jatim bangkit," ucap pria yang juga menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto tersebut.

Penghargaan tersebut dikarenakan Dispora Jatim mampu menggelar berbagai kegiatan sukses yang dilaksanakan tahun ini.

Kepala Biro LKBN ANTARA Jatim Rachmad Hidayat mengatakan Anugerah ANTARA Jatim 2023 merupakan bentuk apresiasi dan penghormatan kepada kepala daerah, instansi pemerintah, perusahaan BUMD dan swasta yang telah mengabdi untuk kemajuan Jawa Timur.

Pemberian anugerah tersebut, dipilih berdasarkan indikator-indikator penilaian yang terukur serta dapat dipertanggungjawabkan, karena dalam dedikasinya membangun Provinsi Jawa Timur secara konsisten dan betul-betul dirasakan oleh masyarakat hingga saat ini.

"Penilaian ini sudah dilakukan sejak awal tahun lalu, ANTARA Jatim diam-diam mengamati dan menilai apa yang telah dilakukan sampai dengan hari ini sehingga dapat dilaksanakanlah kegiatan Anugerah ANTARA Jatim 2023 khususnya dalam rangka menilai program Nawa Bakti Satya," ujarnya

Acara tersebut digelar juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-86 Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA.

Peraih penghargaan itu adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam kategori "Tokoh Pelopor dan Penggerak Nawa Bhakti Satya" sehingga layak menyandang gelar "Lifetime Achievement".

Kemudian ada empat nama kepala daerah, yakni Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dengan kategori "Kepala Daerah Akselerator Pengentasan Stunting di Jawa Timur", Penjabat Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dengan kategori "Kepala Daerah Inovator Peningkatan dan Pengembangan Potensi Wisata di Jawa Timur".

Berikutnya adalah Bupati Jember Hendy Siswanto dengan kategori "Kepala Daerah Inovator Peningkatan Ketersediaan Pangan di Jawa Timur", dan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dengan kategori "Kepala Daerah Penggerak Keterbukaan Informasi dan Digitalisasi di Jawa Timur,".

Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir.

 

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023