Pabrik Aqua Banyuwangi mendukung kegiatan Jambore Kader Posyandu Kabupaten Banyuwangi dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas kader posyandu di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Dalam keterangan yang diterima di Banyuwangi, Senin, kegiatan jambore yang diikuti 225 orang kader se-Banyuwangi berlangsung di Grand Watu Dodol Banyuwangi merupakan kolaborasi antara Danone Indonesia, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dan mitra pelaksana Spektra.

Selain bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader posyandu, pengetahuan kader serta keterampilan dalam penyelenggaraan posyandu, dan diharapkan mampu meningkatkan motivasi kader dalam melayani semua siklus hidup mulai dari bayi balita, anak usia sekolah dan remaja, Ibu hamil, usia produktif sampai lansia dengan layanan yang berkualitas.

Kemitraan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dengan Aqua ini memang bagian dari kampanye dan edukasi penganggulangan stunting.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi Amir Hidayat menyampaikan bahwa kader posyandu adalah ujung tombak terdepan untuk perjuangan kesehatan ibu dan anak.

"Dukungan dan partisipasi semua peserta hari ini kami apresiasi dengan terima kasih setinggi-tingginya. Juga kepada semua pihak yang berkontribusi pada pelaksanaan jambore kader posyandu Banyuwangi ini," katanya.

Menurut Amir, posyandu tidak terbatas melayani ibu dan anak, tetapi juga bisa memberikan pelayanan lebih luas.

"Posyandu siklus hidup yang terintegrasi ini menjadi salah satu upaya menyukseskan program kesehatan nasional untuk meningkatkan kesehatan masyarakat," ujarnya.

Di Banyuwangi, Danone Indonesia melalui PT Tirta Investama - Pabrik Banyuwangi (Aqua Banyuwangi) telah memfasilitasi pilar STBM maupun pengorganisasian dan edukasi masyarakat.

Kepala Pabrik Aqua Banyuwangi Achmad Afandi menyampaikan bahwa pihaknya telah membangun sarana air bersih (SAB) yang kualitas airnya sesuai dengan standar Kesehatan.

"Kami ujikan air dari SAB di labkesda daerah. Fasilitasi air bersih tersebut mengalir di 188 KK dan dikelola oleh kelompok sosial yaitu HIPPAM yang kami berikan pendampingan," katanya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023