Kepolisian Resor (Polres) Malang menguatkan kesiapan dalam mengantisipasi bencana hidrometeorologi atau bencana alam yang dipengaruhi oleh faktor cuaca saat musim hujan.

Kasi Humas Polres Malang Ipda Muhammad Adnan di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat mengatakan, dalam upaya untuk mengantisipasi bencana itu, edukasi masyarakat perlu ditingkatkan tentang pentingnya kewaspadaan dalam menghadapi bencana.

"Kami berupaya meningkatkan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya kewaspadaan terhadap bencana, salah satunya di wilayah Kecamatan Bantur," kata Adnan.

Adnan menjelaskan, salah satu langkah peningkatan edukasi yang sekaligus sebagai upaya penguatan kesiapan dalam menghadapi bencana hidrometeorologi tersebut adalah dengan melakukan pembersihan aliran sungai di Desa Bantur, Kecamatan Bantur.

Baca juga: Polres Malang ungkap enam kasus kekerasan terhadap perempuan-anak

Menurutnya, pembersihan saluran air tersebut selain sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi potensi banjir, tetapi juga sebagai bagian dari upaya meningkatkan edukasi masyarakat akan pentingnya kewaspadaan terhadap bencana khususnya banjir.

"Pembersihan saluran air ini bukan hanya sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi potensi banjir, tetapi juga sebagai bagian dari upaya menyadarkan masyarakat akan pentingnya kewaspadaan terhadap bencana," katanya.

Sementara itu, Kapolsek Bantur AKP Hari Eko Utomo menambahkan, pelaksanaan pembersihan aliran sungai tersebut dilakukan oleh personel Polsek Bantur bersama Koramil 0818/12 Bantur dan masyarakat setempat.

Ia menambahkan, pembersihan aliran sungai tersebut melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk aparat keamanan dan warga setempat yang turut serta membersihkan sampah dan vegetasi yang dapat menghambat aliran air dan berpotensi menyebabkan banjir.

"Kegiatan ini tidak hanya sekadar membersihkan saluran air, tetapi juga merupakan bentuk sinergi antara kepolisian, militer, pemerintah kecamatan, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tangguh bencana," katanya.

Pihak kepolisian berharap, dengan kegiatan tersebut masyarakat diharapkan bisa terlibat aktif khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar, sehingga potensi bencana seperti terjadinya banjir bisa diminimalisasi.

Diharapkan, langkah penguatan kesiapan dalam mengantisipasi bencana hidrometeorologi di wilayah tersebut bisa terus dilakukan secara berkelanjutan yang pada akhirnya menciptakan kawasan yang aman dari bencana khususnya saat musim hujan.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023