Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) meraih penghargaan "Inovasi Membangun Negeri 2023" pada kategori Inovasi Pelayanan Digital dari TV One. 

Penghargaan diraih karena inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi yang dikembangkan Pemprov Jatim dinilai memiliki dampak signifikan terhadap masyarakat.

"Inovasi pelayanan digital memang suatu kebutuhan. Karena pelayanan publik akan lebih cepat, akurat dan transparan dengan digital sistem," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menerima penghargaan di Jakarta, 1 Desember lalu. 

Salah satu inovasi yang dikembangkan adalah "Jawa Timur Belanja Online" (Jatim Bejo) untuk mengoptimalkan pemanfaatan e-marketplace pengadaan barang/jasa pemerintah setempat sebagai upaya peningkatan peran pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). 

Inovasi lainnya adalah transportasi public Bus Trans Jatim yang tidak hanya mengandalkan penggunaan aplikasi daring sebagai sarana pemesanan tapi juga artificial intelligence (AI) untuk memprediksi perjalanan. 

Gubernur Khofifah menandaskan fokus Pemprov Jatim ke depan adalah mengembangkan industri manufaktur yang telah mencapai 31,4 persen pada 2022, melampaui prediksi manufaktur nasional sebesar 30 persen yang dicanangkan hingga tahun 2045.

"Jatim tidak boleh hanya jadi penonton. Untuk itu, kita harus mencangkok untuk percepatan lahirnya bibit unggul di Jatim lebih banyak dan cepat. Maka kami telah bekerjasama dengan King's College London untuk program digital future. Insya Allah September 2024 mulai proses pembelajarannya," ucapnya. 

 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023