Platform penjualan daring yang juga perusahaan teknologi Indonesia menggelar pameran otomotif bertajuk "Tokopedia Otofair 2023" menyambut momentum akhir tahun yang digelar di Surabaya, Jawa Timur, hingga 3 Desember 2023.

Associate Vice President of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra mengemukakan terdapat berbagai pelaku usaha di industri otomotif dan aksesori kendaraan yang mengikuti acara tersebut, mulai dari Hyundai, Wuling, Honda, Mitsubishi, Royal Enfield, Yamaha, Trapo Indonesia, V-Kool, RSV Helmet dan masih banyak lagi.

Dirinya mengatakan, pameran di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya Barat tersebut terbuka dan gratis untuk umum.

Dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan banyak penawaran menarik, mulai dari program beli mobil bawa dapat 15, potongan harga langsung hingga Rp15 juta dan lainnya.

Program ini, kata dia, merupakan salah satu inisiatif di bawah naungan kampanye Tokopedia Garage yang mempermudah masyarakat membeli produk otomotif, termasuk mobil, motor dan onderdil kendaraan, secara daring. 

"Jumlah transaksi naik hampir empat kali lipat di kuartal III 2023 dibandingkan saat pertama kali hadir di kuartal I 2021," kata dia. 

Ia juga membagikan tips cara merawat mobil dan motor untuk pemula, yakni cek oli dan sistem kelistrikan secara rutin, setiap 5.000 kilometer atau enam bulan sekali untuk menjaga mesin tetap sehat.

Idealnya, kondisi aki atau baterai diperiksa sebulan sekali. Perhatikan pula terminal pada baterai agar selalu bersih dan tidak berkarat, serta seluruh kabel terpasang dengan baik dan tidak longgar. 

Tips kedua, memeriksa tekanan angin ban dan kondisi velg, setidaknya sebulan sekali. Sebab, kondisi ban yang kurang tekanan atau terlalu tinggi dapat berakibat fatal pada seluruh bagian mesin kendaraan dan membuat laju kendaraan tidak stabil. 

Untuk kondisi velg harus diperhatikan, sebab fungsi velg adalah untuk mendinginkan sistem rem, meningkatkan daya tahan rem dan meningkatkan pengendalian kendaraan.  

Tips lainnya adalah rutin membersihkan onderdil, interior, serta eksterior kendaraan. Untuk motor, bersihkan karburator setidaknya enam bulan sekali agar mesin tetap mudah menyala dan bahan bakar lebih efisien. Bersihkan pula busi setiap 7.500 kilometer atau enam bulan sekali untuk menyelaraskan mesin dan menghindari masalah pada saat berkendara. 

Untuk mobil, pilih produk yang aman untuk bahan jok kendaraan agar tidak merusak warna atau bahan kulit kendaraan. Gunakan pula vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran di seluruh bagian interior mobil. Untuk membersihkan panel interior mobil dari debu-debu tersembunyi, gunakan cairan pembersih dan sikat halus.

Tips selanjutnya adalah pelajari buku manual kendaraan, sebab membaca buku manual dapat membantu pengguna menyelesaikan masalah ketika ada keperluan darurat. Misalnya, agar pengemudi bisa mengetahui tempat penyimpanan dongkrak dan titik tumpu untuk meletakkannya ketika ingin mengganti ban kendaraan yang kempis.

Tips terakhir adalah menggunakan perlengkapan yang tepat dan aman, baik untuk pengendara sepeda motor maupun mobil. Misalnya, untuk pengendara motor, jangan lupa untuk menyiapkan jas hujan saat menghadapi cuaca hujan. Sementara saat terik, jika pengendara motor perlu memiliki helm visor iridium untuk menghalau silau matahari, pengendara mobil perlu menggunakan kaca film yang tak hanya mampu menghalau sinar matahari, tetapi juga menolak panas.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023