Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya meninjau objek vital Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yakni Kantor KPU, Bawaslu, dan gudang penyimpanan logistik di kawasan Pergudangan Margomulyo, Senin.

Kepala Polrestabes Surabaya Komisaris Besar Polisi Pasma Royce melalui keterangan resmi mengatakan pengecekan yang dilakukan untuk menjamin keamanan jelang bergulirnya pemilu pada 14 Februari 2024.

"Koordinasi dan pengecekan di Kantor KPU Kota Surabaya, serta Bawaslu Kota Surabaya kemudian di gudang logistik dalam rangka peninjauan dan pengecekan terkait kesiapan KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara pemilu dalam menghadapi Pemilu 2024," kata Pasma.

Selain kesiapan penyelenggaraan pesta demokrasi, pengecekan itu juga untuk mengetahui kesiapan petugas  kepolisian dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2024.

Sementara itu, Pasma menjelaskan skema pengamanan gudang logistik di kawasan Margomulyo melibatkan petugas dari Polrestabes Surabaya dan Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Tanjung Perak.

"Kepolisian Polrestabes tetap melaksanakan koordinasi dengan KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu terkait persiapan pengamanan Pemilu 2024, khususnya di wilayah hukum Polrestabes," ucapnya.

"Sehingga terjaminnya penyelenggaraan pemilu aman sesuai tahapan yang telah diamanatkan undang-undang," lanjutnya.

Diketahui, pengecekan yang dilaksanakan juga melibatkan pejabat kepolisian setempat, yakni Kasat Intelkam, Kabagops, Kasatlantas, Kasatpamobvit, dan Kasat Samapta.

Kemudian turut hadir Ketua KPU setempat Nur Syamsi beserta Komisioner Divis Teknis Penyelenggaraan Suprayitno, sekretaris Titus Saptadi, dan kasubbag logistik Raditya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2024.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud MD. diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023