PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim berkolaborasi bersama Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk langkah memajukan perekonomian nasional melalui penandatanganan nota kesepahaman.

"Pada intinya, kami terus memperkuat sinergi dengan LPEI untuk mendorong pemanfaatan transaksi keuangan demi mendukung kegiatan ekspor," Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman melalui keterangan resmi, Kamis.

Teknis nota kesepahaman itu terkait akselerator pertumbuhan ekonomi dalam skala wilayah Jawa Timur maupun Indonesia.

Sedangkan, ruang lingkupnya mencakup pembiayaan, pinjaman, dan layanan jasa keuangan.

Busrul menjelaskan pembiayaan yang dikerjasamakan, seperti layanan manajemen keuangan untuk pengelolaan devisa hasil ekspor debitur-debitur LPEI, pelayanan pembukaan rekening bagi eksportir kelolaan LPEI, dan pengelolaan dana operasional bagi eksportir kelolaan LPEI.

Kemudian aspek pinjaman, meliputi layanan pembiayaan bersama (co-financing) modal kerja dan investasi bagi eksportir kelolaan LPEI atau Bank Jatim.

Lalu, layanan jasa keuangan yang di dalamnya adalah menyangkut potensi transaksi trade finance

"Kerja sama ini turut menjadi bagian dalam pengembangan bisnis Bank Jatim dan sekaligus mendorong pengembangan bisnis LPEI ke depan," kata dia.

Sementara, Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso mengatakan kerja sama dengan Bank Jatim merupakan langkah strategis yang akan membantu LPEI dalam memberikan layanan terbaik kepada para nasabah yang merupakan para eksportir.

"Besar harapan kami, kerja sama ini dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan," ucap dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023