Lembaga dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) menyatakan elektabilitas Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur unggul atas dua pesaingnya, karena dianggap sebagai representasi kalangan pemuda.

Pada hasil survei Lanskap, elektabilitas Prabowo-Gibran di Jawa Timur mencapai 40,4 persen, di posisi kedua ada Ganjar-Mahfud dengan 35,4 persen dan Anies-Muhaimin 18,8 persen.

"Pasangan ini representatif yang sangat mengena di kalangan kaum muda, karena mereka merasa terwakili dengan sosok Gibran yang notabene masih berusia 36 tahun," kata Direktur Eksekutif Lanskap Mochammad Thoha melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Kamis.

Selain karena Gibran, Thoha menyebut perubahan komunikasi yang dibangun oleh Prabowo kepada masyarakat, mampu memantik ketertarikan dari kalangan pemuda, yakni generasi z dan milenial.

Prabowo dipandangnya berupaya mendengar keluhan dan aspirasi saat turun ke masyarakat, utamanya ketika menemui kalangan pemuda.
 
Langkah pendekatan kepada kalangan anak-anak muda pada akhirnya ditunjukkan Prabowo dengan menggandeng Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden.

Posisi Gibran sebagai wakil Prabowo adalah meraup suara dari kalangan pemuda.
 
"Ada pengakuan dan kebijaksanaan Prabowo kepada generasi muda untuk ikut serta atau terlibat atau berkolaborasi dalam membangun negara bangsa melalui politik (alih generasi)," ujarnya.

Diketahui, survei Lanskap dilakukan pada periode 26 Oktober-2 November 2023 yang mengambil sampel sebanyak 880 responden.

Survei itu menggunakan metode probability sampling dan multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan hingga 95 persen.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023