Ratusan anak-anak dari taman kanak-kanak Kusuma Mulia 12 Pare serta pelajar SDI NU Pare, Kabupaten Kediri melakukan tabur bunga menjelang Hari Pahlawan, 10 November, sebagai bentuk penghormatan jasa pahlawan.

Kepala Sekolah SDI NU Pare, Kabupaten Kediri Siti Ulifah menjelaskan bahwa kegiatan tabur bunga ini sengaja dilakukan guna menanamkan rasa kebangsaan pada anak-anak sejak dini.

"Kami mengajak siswa agar mengetahui bahwa sesungguhnya Hari Pahlawan adalah rangkaian dari perjuangan para ulama yakni kiai dan santri melalui resolusi jihad yang kemudian diperingati sebagai Hari Santri Nasional," katanya di Kediri, Rabu.

Ia juga menambahkan kegiatan ini rutin digelar setiap tahun sehingga anak-anak terus diajak menghormati jasa para pahlawan dengan tabur bunga sekaligus mendokan mereka.

"Memang baru dilaksanakan tiga tahun ini, tetapi, kami berupaya untuk terus menjaga kegiatan ini setiap tahun," kata dia.

Acara tabur bunga tersebut dimulai dengan anak-anak secara tertib masuk ke Taman Makam Pahlawan, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Para siswa mengenakan baju putih dan berkerudung bagi yang perempuan serta mengenakan kopiah bagi yang laki-laki.

"Selanjutnya, mereka muhasabah dan menaburkan bunga yang dibawa," kata dia.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023