Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri, Jawa Timur, baru menerima sebanyak 1.990 bilik suara dari total kebutuhan 3.424 bilik untuk Pemilihan Umum 2024.

"Saat ini masih kita terima 1.990 bilik dari kebutuhan 3.424 bilik. Kekurangan dan jenis logistik lainnya akan diterima pada pengiriman tahap berikutnya," kata anggota KPU Kota Kediri Wahyudi dihubungi di Kediri, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa sesuai PKPU Nomor 14 Tahun 2023 tentang perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya dan perlengkapan pemungutan suara lainnya disebutkan bahwa bilik pemungutan suara digunakan untuk menjamin kerahasiaan pemilih dalam melakukan pemungutan suara.

Jumlah bilik suara disediakan sebanyak empat bilik di setiap tempat pemungutan suara (TPS). Saat ini, logistik yang tiba itu sudah disimpan di gudang KPU Kota Kediri, Jalan Teuku Umar, Kelurahan Ngadirejo, Kota Kediri, dan dijaga petugas keamanan.

Ia mengatakan kebutuhan bilik suara untuk KPU Kota Kediri sejumlah 3.424 unit itu untuk 856 TPS yang tersebar pada tiga kecamatan.

Mengenai pengadaan logistik Pemilu 2024, Wahyudi mengatakan prosesnya dilaksanakan KPU RI, tetapi ada yang dilakukan KPU Provinsi Jatim dan ada pula yang dilaksanakan oleh KPU kabupaten/kota.

Nantinya bilik suara tersebut akan dirakit oleh petugas khusus dan dalam prosesnya tetap diawasi. "Untuk bilik suara, pengadaannya oleh KPU RI," katanya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023