Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menginstruksikan seluruh bakal calon legislatif dan kader partainya di Jawa Timur untuk bergotong royong memenangkan agenda Pemilihan Umum 2024.

Instruksi itu diutarakan Kaesang kepada wartawan usai rampungnya acara konsolidasi bertajuk Kopi Darat Wilayah (Kopdarwil) PSI se-Jawa Timur di Dyandra Convention Center, Surabaya, Jumat malam.

"Arahannya memenangkan wilayah Jawa Timur," kata Kaesang.

Selain instruksi, dia menjelaskan Kopdarwil juga menjadi wadah menyosialisasikan strategi dan teknis pemenangan khusus di wilayah Jawa Timur.

"Strategi khusus ada, ya ada tetapi saya tidak akan ngomong di sini," ujarnya.

Kendati demikian, Kaesang optimistis instruksi yang diberikan melalui agenda Kopdarwil bisa dijalankan secara maksimal oleh para bakal calon legislatif dan pengurus internal partai.

"Target sebanyak mungkin, insya Allah," ucapnya.

Sementara, terkait dukungan pada pasangan bakal calon presiden Prabowo Subianto dan bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka, dia menyebut hal itu sepenuhnya siap dijalankan oleh PSI.

"Selalu siap, karena kami sudah deklarasi ke Pak Prabowo dan Mas Gibran," kata dia.

Pantauan ANTARA, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep tiba di lobi Dyandra Convention Center sekitar pukul 19.10 WIB dan langsung menyalami satu persatu jajaran internal partainya yang sudah berkumpul sekitar pukul 15.23 WIB.

Terlihat juga Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Erick Komala yang turut menyambut kedatangan Kaesang.

Setelahnya Kaesang langsung masuk ke dalam lokasi acara, sekaligus menerima blangkon khas Jawa Timur.

Selanjutnya, agenda Kopdarwil di Surabaya berjalan secara tertutup.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat. 

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). 

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023