Pemerintah Kabupaten Trenggalek bekerja sama dengan Gerakan Pemuda Ansor setempat menggelar pasar rakyat dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN), di Alun-alun Trenggalek, sejak 24 Oktober hingga 4 November 2023.

"Selain memeriahkan HSN, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan perputaran roda ekonomi masyarakat," kata Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhammad Natanegara di Trenggalek, Selasa.

Kegiatan pasar rakyat yang telah dibuka sejak 24 Oktober ini pun mendapat apresiasi luas para pedagang dan masyarakat.

Banyak warga, khususnya kalangan santri dan nahdliyin yang datang untuk menikmati hiburan sekaligus belanja aneka produk UMKM serta jajanan yang tersedia di dalam area pasar rakyat.

Ratusan stan bazar UMKM serta panggung hiburan yang diisi ragam seni budaya akan ditampilkan dari para santri

Selain itu berbagai sederetan hiburan dan bazar UMKM wahana pasar malam mulai dari bianglala, komidi putar, kereta api mini, dan berbagai wahana permainan lainnya juga ada di pasar rakyat ini.

Hal itu terlihat dari banyaknya pelaku UMKM yang berpartisipasi, serta kunjungan warga yang selalu ramai. Terutama produk jajanan khas daerah itu seperti keripik tempe, alen-alen, kerajinan kriya, kain batik Turangga Yaksa hingga aneka mainan dan industri kreatif lainnya.

Perputaran uang dalam kegiatan pasar rakyat semacam ini diklaim mencapai puluhan juta hingga seratusan juta setiap hari.

Selain sebagai media hiburan dengan berbagai kegiatan, diharapkan di sisi lain juga terjadi dampak positif pada perekonomian masyarakat.

"Semoga yang jualan semakin laris dan masyarakat sejahtera," katanya.

Wabup Syah mengapresiasi inisiatif dari pengurus cabang GP Ansor Trenggalek.

Menurutnya, langkah itu dinilai sejalan dengan ikhtiar pemerintah setempat untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat.

Salah satunya adalah melalui event-event yang dinilai membuka ruang bagi masyarakat pelaku UMKM untuk meningkatkan perekonomian mereka.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Trenggalek sangat berbahagia, kami bersyukur karena pasar rakyat ini membuktikan geliat perekonomian yang ada di Trenggalek benar-benar jalan," katanya.

Menariknya dalam area pasar rakyat itu tersedia panggung utama yang diisi berbagai kegiatan, utamanya gelar seni Islami dan pentas seni budaya khas Trenggalek.

Selain bintang tamu seperti Cak Sodiq dan Eny Sagita, yang tampil format religi, di panggung utama juga digelar doa bersama untuk kemaslahatan masyarakat Trenggalek maupun bangsa Indonesia.

Panggung utama juga akan diisi parade band lintas agama, festival shalawat Al Ma’arif, jaranan, group gambus Zanjabil, paduan suara Zantren, shalawatan Fatayat NU, kesenian jaranan dan lainnya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023