Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN) Gema Nusantara Bakry menilai Presiden Joko Widodo makin solid mendukung bakal Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto usai menggandeng Wali Kota Solo Gibran Rakabuming sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pilpres 2024. 
 
"Dengan menggandeng Gibran, ini semakin menegaskan bahwa dukungan Presiden Jokowi memang mengarah kepada Prabowo Subianto," kata Gema dalam keterangannya di Surabaya, Senin.
 
Menurutnya, dukungan ini semakin menguat ketika Menteri Pertahanan tersebut berkomitmen untuk melanjutkan dan menyempurnakan berbagai program pemerintahan Jokowi saat ini. Salah satunya adalah terus melanjutkan program hilirisasi di komoditas tambang, pertanian, dan perikanan yang sudah dimulai oleh Jokowi.
 
Selain itu, lanjut dia, pasangan ini juga mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama di daerah pedesaan. Program ini mencakup pelatihan kewirausahaan, akses ke modal usaha, dan dukungan teknis untuk pengusaha kecil dan menengah.
 
Adanya program ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia agar lebih maju. Hal itu sesuai dengan program orang nomor satu di Indonesia itu yang menginginkan sejahterakan rakyat.
 
Gema menambahkan berkat dukungan Jokowi akan memperkuat dukungan kepada Prabowo-Gibran. 

Terlebih banyak masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur yang sangat puas terhadap pemerintahan Jokowi diteruskan melalui Gibran.
 
"Masyarakat Jateng banyak yang berharap kepada sosok Gibran, yang dinilai mampu meneruskan kesuksesan Pak Jokowi dalam memimpin pemerintahan lima tahun ke depan," kata Gema.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023