Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) Suzan Herawati menginstruksikan Pengprov FISI Jawa Timur menyusun agenda persiapan mengikuti kejuaraan tingkat nasional maupun internasional.

Hal itu diutarakan Susan usai pengukuhan Ketua Pengprov FISI Jawa Timur AH Thony, di salah satu hotel di Kota Surabaya, Minggu.

"Kami minta FISI Jawa Timur segera melahirkan dan menyiapkan atlet untuk tampil di eksibisi PON XXI, sebelum tampil di Asean Winter Games dan SEA Games," kata Susan melalui keterangan resmi.

Kendati demikian, FISI pusat tak membebani target torehan prestasi pada jajaran pengurus di Jawa Timur, lantaran baru terbentuknya susunan struktural.

"Tetapi kami mendukung penuh, tidak hanya di Jatim tapi seluruh pengurus provinsi FISI di Indonesia," ujarnya.

Diketahui, pelantikan oleh Pengurus Pusat FISI hari ini merupakan yang keenam di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Pengprov FISI Jawa Timur AH Thony menyatakan siap mengantarkan atlet Jawa Timur berlaga di ajang eksebisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 dan SEA games tahun 2025. 

Karenanya pihaknya terus memperkuat koordinasi dengan Komite Olahraga Nasional (KONI) Jawa Timur.

"Jadi kami tidak hanya ngomong kejuaraan nasional, tetapi juga bersiap untuk mengantarkan atlet ice skating Jawa Timur tampil di kejuaraan internasional," jelas dia. 

Thony menyatakan FISI Jawa Timur mulai menggencarkan pengenalan olahraga ice skating kepada masyarakat.

Terdekat, salah satu program sosialisasinya dilakukan dengan menyasar pelajar di setiap sekolah se-Kota Surabaya.

"Kami menyadari olahraga ini masih tergolong baru di Indonesia, FISI Jatim gencar sosialisasi dan mengenalkannya ke publik," ujarnya. 

Selain Surabaya, pihaknya juga menyasar daerah lain di Jawa Timur, seperti Malang Raya, Madiun Raya, dan wilayah Tapal Kuda secara bertahap.

Ketua KONI Jatim M Nabil menginstruksikan Pengprov FISI Jawa Timur segera turun ke daerah-daerah untuk mencari bibit atlet ice skating.

"Dimulai di kota-kota besar dulu. Dengan dedikasi dan kerja keras, insya Allah akan mendapatkan hasil memuaskan," ucap Nabil.

Nabil juga mengingatkan Pengprov FISI Jawa Timur secepatnya mengurus dan mengirimkan dokumen ke KONI Jawa Timur.

"Koordinasi dengan KONI agar FISI bisa disahkan menjadi anggota KONI Jatim," kata dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023