Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengajak para santri untuk berjihad melawan perundungan di lingkungan pendidikan pada peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023.

"Sebagaimana tema Hari Santri, 'Jihad Santri Jayakan Negeri' bisa berupa jihad melawan perundungan di lingkungan pendidikan," katanya saat menyampaikan amanat pada upacara peringatan Hari Santri Nasional  2023 di halaman Pendopo Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu.

Dia mengatakan bahwa para santri harus bisa menjadi contoh bagi pelajar yang lain dalam menerapkan akhlak yang terpuji guna mencegah terjadinya perundungan.

Selain itu, Ipuk mengajak para santri untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi serta berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pembangunan daerah. 

"Ada sejumlah program beasiswa yang dikeluarkan oleh Pemkab Banyuwangi, seperti halnya Beasiswa Banyuwangi Cerdas. Ini bisa untuk anak-anakku sekalian kuliah, melengkapi ilmu yang didapat dari pesantren dengan ilmu dari kampus," katanya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Banyuwangi Yusdi Irawan menyampaikan bahwa acara peringatan Hari Santri Nasional di Banyuwangi meliputi upacara, doa bersama, hingga Festival Anak Sholeh.

Selain itu, menurut dia, akan ada acara bedah buku Lentera Blambangan: Biografi Sembilan Ulama Banyuwangi Teladan di IAI Ibrahimy pada Senin (23/10).
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023