Sebanyak 12 tim beradu seri ketiga Liga 1 Esport Nasional 2023 di Kota Surabaya, 20-22 Oktober 2023 untuk memperebutkan tiket lolos ke babak playoff di Jakarta pada awal Desember mendatang.

CEO Garudaku, Donny NG di Surabaya, Jumat mengatakan Liga 1 merupakan kasta tertinggi esports di Indonesia yang memunculkan banyak bibit calon pemain tim nasional.

"Garudaku selaku operator liga di bawah PB ESI menyelenggarakan Liga 1 Esport terbesar nasional, dan sifatnya terbuka untuk tim mana saja yang ingin ikut," kata Donny.

Donny menyebut sistem Liga 1 Esports yang bersifat keliling ini sebagai bentuk keseriusan Garudaku dan PB ESI supaya kompetisi semakin terasah di daerah.

"Kenapa Series, kebanyakan liga esport di Jakarta, makanya dengan adanya Liga esport kami mau acara bisa terasa di daerah. Tahun depan kami bawa sistem series lagi atau roadshow," ujar dia.

Adapun alasan dipilihnya Kota Surabaya sebagai series ketiga setelah Palembang dan Pontianak, ujar Donny, karena di Kota Pahlawan tim esports cukup banyak, serta animo yang besar.

"Alasan Surabaya tuan rumah. Kita tahu pecinta esports di Surabaya ini sangat banyak, di hari pertama di hari Jumat ini banyak banget. Di pontianak di hari Minggu hampir 2 ribu orang, kami berharap harapkan Surabaya lebih dari itu," ujar Donny.

Sementara itu, Ketua Bidang Atlet, Prestasi, dan IT PB ESI, Ricky Setiawan menyebut Liga 1 Esports ini akan jauh lebih besar ketimbang liga-liga yang lainnya karena ini sifatnya terbuka, sehingga tim menyeluruh dari berbagai daerah di Indonesia.

"Pastinya sebelum liga esports, Liga 1 Esports Nasional ini adalah terbuka dan satu satunya terbesar, dan banyak liga lain yang sama besar tapi sifatnya ekslusif," kata Ricky.

Liga Esports Nasional ini nantinya juga menjadi rujukan calon pemain Timnas Indonesia. Sehingga pembibitan atlet akan jauh lebih jelas, karena ada struktur kompetisi dari Liga 3 hingga Liga 1.

"Nantinya yang mewakili calon timnas berasal dari Liga Esport Nasional dan dream-nya akan panjang," ujar dia.

Seperti diketahui, Liga 1 Esports Nasional sudah berjalan di Palembang dan Pontianak, saat ini di Surabaya mulai 20 Oktober hingga 22 Oktober 2023. Selanjutnya akan digelar di Makassar dan selanjutnya playoff di Jakarta pada awal Desember.

Untuk tim yang bertanding di Liga 1 Esports ini adalah Borneo FC Esports - Samarinda, BULLSGPX - Jakarta Selatan, Dewa United Esports - Tangerang, EVOS Holy - Jakarta Selatan, HFX Esports - Pontianak, Kagendra Esports - Jakarta Selatan, ONIC Esports - Jakarta Selatan, Pajajaran Esports - Bogor, Pendekar Esports - Jakarta Selatan, Raja Esports - Bekasi, Suber 24 - Samarinda, Team Gryffin - Bandung.

12 Tim ini akan beradu di empat Series dan nantinya akan diambil 6 tim terbaik untuk tampil di Jakarta dan memperebutkan hadiah sebesar Rp3,2 miliar.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023