Pelatih Persebaya Surabaya Josep Gombau mengakui kekalahan atas Persib Bandung dikarenakan beberapa kesalahan dari anak asuhnya saat babak kedua.
 
"Pemain membuat beberapa kesalahan dan membuat tim lawan bisa memenangkan pertandingan, saya akui itu tanpa mengurangi rasa hormat saya untuk Persib yang juga bermain bagus," ujarnya usai pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu petang.
 
Dia menjelaskan, beberapa kesalahan yang dibuat adalah marking pemain, cara menghentikan bola dan tentu penerapan taktikal juga.
 
"Hal-hal itu merupakan dasar di sepak bola, tapi terjadi kesalahan yang dilakukan oleh para pemain sendiri," ucapnya.
 
Namun, dirinya tetap mengapresiasi para pemain yang telah bekerja keras terutama pada saat babak pertama dan tentu kekalahan ini akan dijadikan sebagai bahan evaluasi tim.
 
"Gol dari Persib terjadi karena kesalahan dari pemain Persebaya sendiri, tapi tidak semuanya disebabkan oleh pemain belakang terlebih Ernando, saya sudah punya daftar catatannya, ini tanggung jawab tim bukan hanya satu atau dua pemain," tuturnya.
 
Oleh karena itu, pelatih asal Spanyol tersebut meminta maaf kepada Bonek karena tidak bisa mempersembahkan tiga poin dalam laga kandang melawan klub yang berjuluk Maung Bandung tersebut.
 
"Saya pribadi meminta maaf kepada para suporter yang telah hadir di stadion karena tidak bisa meraih tiga poin di kandang sendiri," katanya.
 
Sementara itu, pemain Persebaya Riswan M Lauhim mengatakan dirinya beserta pemain yang lain akan melakukan evaluasi dari hasil kekalahan melawan Persib agar dapat hasil positif lagi ke depannya.
 
"Para pemain sudah bekerja keras dalam pertandingan ini dan kami akan berusaha membenahi kesalahan-kesalahan dan semoga ke depannya bisa lebih baik lagi," ujarnya.
 
Menurut dia, kesalahan yang dilakukan pemain Persebaya terutama di lini belakang karena kurang komunikasi dan tentu akan dijadikan bahan evaluasi.
 
"Mungkin kurang komunikasi di antara kami dan pastinya akan menjadi bahan evaluasi ke depannya agar dapat hasil yang bagus," ucapnya.
 
Sebelumnya, klub yang berjuluk Bajol Ijo tersebut menelan kekalahan 3-2 dari lawannya Persib Bandung pada laga pekan ke-15 musim 2023/2024 di Stadion GBT Surabaya.
 
Gol Persebaya tercipta dari Bruno Moreira pada menit ke-10 dan 32. Sementara gol Persib tercipta dari Ciro Alves pada menit ke-3 serta David Da Silva pada menit ke-52 dan 70.
 
Dari hasil pertandingan tersebut, Persebaya tetap berada di peringkat enam klasemen sementara dengan total poin 22 dari 15 pertandingan.
 
Sedangkan, Persib naik ke peringkat tiga klasemen sementara dengan total poin 27 juga dari 15 pertandingan.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023