Salah satu hotel butik di Kota Surabaya menggelar pelatihan membuat batik dengan teknik eco print dalam rangka Hari Batik Nasional 2023.
 
Human Resources Manager ARTOTEL TS Suites Surabaya Ari Anggraeni Mayadewi dalam keterangannya di Surabaya, Senin, mengatakan pelatihan tersebut menggandeng salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Gaya Tree- Shantika Fashion.
 
Menurut dia, pembuatan batik kepada dua puluh peserta dari Warakawuri tersebut menggunakan media daun kering.
 
"Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk apresiasi kami terhadap ibu-ibu tersebut yang mana dalam kegiatan ini dapat menambah keterampilan dikarenakan bahan-bahan dan cara membuatnya cukup mudah untuk dilakukan di rumah, serta memperkenalkan produk-produk UMKM dalam negeri yang ramah lingkungan," ujarnya.
 
Selain itu, dirinya berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat mengembangkan potensi keterampilan ibu-ibu serta memberikan kenangan yang berkesan selama mengikuti pelatihan.
 
Sementara itu, Marketing Communication Manager ARTOTEL TS Suites Surabaya Bella Austin menambahkan bahwa pelatihan tersebut juga digelar dalam rangka membangkitkan ketertarikan masyarakat terhadap batik terutama dengan sistem eco print.
 
"Pembuatan batik dengan teknik eco print ini lebih mudah untuk dilakukan sendiri di rumah dan lebih ramah lingkungan, serta dapat mengembangkan kegiatan-kegiatan seni yang dapat dilakukan di area Artspace dari ARTOTEL TS Suites Surabaya," ucapnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023