Bakal calon presiden Anies Baswedan mengajak warga Kota Surabaya, khususnya yang tinggal di lingkungan Pondok Sidosermo untuk bersama-sama mewujudkan agenda perubahan yang selama ini digaungkan bersama Muhaimin Iskandar dan partai yang tergabung di Koalisi Perubahan.

"Perubahan ini tidak bisa dikerjakan sendiri, umat harus bekerja bersama," kata Anies dalam sambutannya di acara "Sidosermo Bersholawat Dalam Rangka Maulid Akbar Sekaligus Haul Assayyid Sulaiman Mojoagung Jombang", Minggu malam.

Perubahan yang didasari adanya keterlibatan banyak pihak diyakininya mampu berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Insya Allah negeri ini sejahtera, gemah ripah loh jinawi," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta didoakan oleh warga Kota Surabaya agar langkahnya bersama Muhaimin Iskandar mengarungi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bisa berujung kemenangan.

"Doakan perjuangan ini, bantu perjuangan ini insya Allah dibukakan pintu-pintu keberhasilan untuk kami. Insya Allah perubahan siap saya lakukan," katanya.

Di sisi lain, dia mengingatkan masyarakat di kota setempat bisa menyalurkan hak pilihnya saat agenda pemilihan umum (pemilu) yang digelar tahun depan.

"Perubahan tidak hanya pakai demo, tidak hanya pakai protes, mengubahnya melalui pemilihan umum (pemilu), pilpres, pemilihan kepala daerah (pilkada)," tf

Diketahui, kedatangan bakal calon presiden Anies Baswedan juga untuk meresmikan gedung posko Aswaja yang berlokasi di lingkungan Pondok Sidosermo.

Anies tiba pada sekitar pukul 20.15 WIB dan disambut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Jawa Timur Sri Sajekti Sudjunadi, Bakal Calon Legislatif Lita Machfud Arifin, mantan Kapolda Jawa Timur yang juga mantan Calon Wali Kota Surabaya pada Pilkada 2020 Machfud Arifin, dan pendiri dan Ketua Aswaja KH Mas Faqihudin Muhajir Basyaiban.

Usai peresmian gedung posko tersebut, Anies menuju Makam Ndresmo untuk berziarah ke makam Sayyid Ali Asghor Basyaiban.

Sesuai dengan jadwal KPU RI, pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden RI mulai19 Oktober hingga 25 November 2023.
 
Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) mengatur pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.
 
Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi dari DPR RI. Pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 yang total perolehan suara sahnya minimal 34.992.703 suara.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023