Pejabat Bupati Magetan Hergunadi bersama jajaran menyambut tim kirab bendera pataka lambang daerah Provinsi Jawa Timur "Jer Basuki Mawa Beya" (JBMB) yang tiba di kabupaten setempat dalam upacara penyambutan di halaman Pendopo Surya Graha, Jumat.

Kirab bendera pataka Jer Basuki Mawa Beya menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur dengan estafet berurutan ke-38 seluruh kabupaten/kota se-Jatim. Bendera pataka dibawa dari Kabupaten Ngawi menuju Kabupaten Magetan.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Magetan Hergunadi mengatakan bahwa peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur 12 Oktober nanti, kebetulan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Magetan.

"Kirab Pataka JBMB tersebut sekaligus rangkaian pertama dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) ke-78 tahun 2023 ini," kata dia.

Menurutnya, Kirab Pataka JBMB dimaksudkan untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi, dan kerja sama dengan konsep kegiatan kirab secara estafet yang akan menempuh jarak kurang lebih 2.001 kilometer dari Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Rombongan kirab dari Kabupaten Ngawi tersebut membawa bendera Merah Putih, lambang Jawa Timur 'Jer Basuki Mawa Beya', bendera lambang Satpol PP Praja Wibawa, lambang Perlindungan Masyarakat, lambang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Yudha Bramajaya, dan lambang Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur.

Setelah menerima Pataka, Pj Bupati Magetan Hergunadi mengungkapkan hari ini Pemkab Magetan secara resmi menerima kirab pataka Jer Basuki Mawa Beya Provinsi Jawa Timur.

"Magetan menjadi titik ke-7 Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dan besok akan keliling di Magetan sebelum kirabnya dilanjutkan di Kabupaten Madiun," kata Pj Bupati Magetan, Hergunadi.

Ia menambahkan, kirab pataka dalam rangka memperingati HUT Pemprov Jawa Timur ke-78 ini, sangat luar biasa karena membawa banyak misi kebangkitan di dalamnya. Mulai dari sektor pariwisata yang bangkit, misi bersama-sama memberantas narkoba, maupun misi memberantas rokok ilegal.

Adapun tema untuk peringatan ke-78 hari jadi Pemprov Jatim tahun 2023 ini adalah "Optimis Jatim Bangkit Terus Melaju".

Sesuai data, Kirab Pataka JBMB adalah rangkaian pertama di dalam semua rangkaian peringatan ke-78 HUT Pemprov Jawa Timur yang yang diberangkatkan pada Sabtu (23/9/2023) malam oleh Gubernur Jatim Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya kemudian menuju Bangkalan.

Sesuai rencana, pada 11 Oktober 2023 tim kirab telah sampai kembali di Gedung Negara Grahadi untuk selanjutnya mengikuti upacara peringatan hadi jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur pada 12 Oktober 2023.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023