Tempat wisata Nusantara Edupark di Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun masuk ke dalam nominasi 10 besar ajang "East Java Tourism Award" (EJTA) 2023, untuk kategori wisata buatan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

"Alhamdulillah, Nusantara Edupark Madiun masuk nominator sebagai 10 besar ajang EJTA 2023 untuk kategori wisata buatan pengelola swasta. Menindaklanjuti itu tim penilai EJTA dari Disbudpar Jawa Timur telah berkunjung dan melakukan penilaian lapangan," ujar Direktur Operasional Nusantara Edupark Madiun Mukhammad Faizal Hermawan di Madiun, Kamis.

Menurut dia, Nusantara Edupark Madiun layak untuk masuk 10 nominator karena tempat wisata buatan tersebut memiliki banyak wahana edukasi sekaligus unsur pariwisata sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung.

"Sisi lain, Nusantara Edupark Madiun juga telah dilengkapi dengan sertifikasi SNI CHSE, sertifikasi 'lifeguard' dari BPPD, dan sertifikasi pemandu wisata dari BNSP. Sehingga wisatawan aman dan nyaman saat berkunjung," kata dia.

Terdapat sejumlah kriteria penilaian yang dilihat oleh tim penilai lapangan EJTA. Di antaranya soal administrasi dan video tempat wisata, aspek pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan, unsur-unsur daya tarik wisata, mitigasi keamanan dan keselamatan, keberadaan amenitas fasilitas pelayanan umum wisatawan, dampak sosial ekonomi masyarakat lokal, serta penerapan protokol kesehatan.

"Alhamdulillah, kami telah melengkapi kriteria tersebut. Dan harapan kami, dengan masuk 10 besar ini, mohon dukungan dan doanya dari masyarakat agar kami bisa mewakili Kabupaten Madiun masuk dalam 3 besar," kata Faizal.

Ajang EJTA digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur untuk meningkatkan daya dukung sektor pariwisata, sekaligus mempromosikan potensi pariwisata kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur.

Dalam ajang tersebut, tahun ini terdapat sembilan kategori yang dilombakan berdasarkan pengelola daya tarik wisata. Meliputi, daya tarik wisata alam, budaya, dan buatan.

Sementara, Nusantara Edupark Madiun memiliki wahana air yang menarik seperti wahana kolam ombak, kolam renang anak, hingga "olympic water park".

Destinasi buatan itu juga menyuguhkan wisata edukasi ramah lingkungan berupa kebun binatang mini, pengenalan bercocok tanam, pemberian makan ternak kambing, daur ulang sampah, dan kegiatan "out bound" yang melatih ketangkasan anak.

Dengan masuknya dalam nominasi 10 besar EJTA 2023, maka pihak pengelola berharap keberadaan Nusantara Edupark semakin diminati wisatawan, sehingga mampu memberikan kontribusi, tidak saja ke pemerintah daerah, namun juga menyerap tenaga kerja dan memberikan manfaat ekonomi bagi warga sekitar.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023