Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur membantu dua rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Kalisampurno, Kecamatan Tanggulangin supaya penghuninya merasa nyaman dan tenang.

Wakil Bupati Sidoarjo Subandi di Sidoarjo, Kamis mengatakan dua RTLH tersebut milik Ngadi dan Muhammad Fauzi.

“Banyak laporan yang masuk untuk bedah rumah. Semua laporan tersebut kami respons cepat dan kami survei mana saja yang betul – betul layak kami kasih bantuan," kata Subandi.
 
Dua RTLH yang ada di Desa Kalisampurno ini terparah pada atap rumah serta tidak adanya kamar mandi di kedua rumah tersebut.
 
Ia mengatakan, pihak desa selanjutnya bisa melakukan koordinasi dengan Baznas Sidoarjo supaya permasalahan RTLH tersebut segera ditindaklanjuti. Rehab rumah warga ini bisa segera terlaksana, menyusul sebentar lagi akan datang musim hujan.
 
"Kami mendapatkan laporan sebanyak 20 rumah juga membutuhkan penanganan serupa. Sementara, waktu kurang tiga bulan lagi," ujarnya.
 
Semua laporan yang masuk terkait RTLH segera di dengan harapan saat datang musim hujan tidak ada lagi laporan rumah warga yang roboh akibat hujan.
 
Ia menjelaskan hingga saat ini dari Baznas Kabupaten Sidoarjo sudah ada 100 RTLH yang mendapat bantuan, kemudian dari Partai Kebangkitan Bangsa 25 rumah dan juga dari Dinas Perumahan Permukiman cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Sidoarjo.
 
"Bantuan Rehabilitasi RTLH ini sebagai upaya Pemkab Sidoarjo dalam mengentaskan kemiskinan," ujarnya.
 
Pada kesempatan tersebut, pihaknya menyalurkan bantuan sembako dari Baznas kepada Ngadi dan Muhammad Fauzi..
 
"Semoga apa bantuan yang kami berikan ini bisa meringankan beban warga masyarakat yang membutuhkan di saat ini," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023