PT Industri Kereta api (Persero) atau INKA mengikuti ajang Pameran Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN), yang diselenggarakan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta pada 13-16 September 2023.

"Di PSN, INKA terlibat dalam pekerjaan pembuatan dua jenis kereta yakni 31 rangkaian Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dan 2 rangkaian Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) Makassar-Parepare (Makpar)," ujar Manajer Senior Humas dan Kantor Perwakilan INKA Agung Dwi Cahyono dalam keterangannya di Madiun, Jatim, Rabu.

LRT Jabodebek yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 28 Agustus 2023, memiliki teknologi grade of automation 3 (GoA3) yang dalam operasionalnya driverless dan dikontrol melalui operation control center (OCC).

Baca juga: PT INKA berkomitmen jaga keandalan operasional LRT Jabodebek

Sedangkan, KRDE Makpar yang resmi beroperasi 29 Maret 2023, didesain memiliki teknologi hybrid yang bersumber dari mesin diesel serta baterai untuk sistem penggerak pada kereta dan juga untuk pembangkit kelistrikan lainnya.

Pameran tersebut bertujuan memberikan laporan capaian positif atas delapan tahun PSN kepada masyarakat.

Sesuai data, selama delapan tahun terakhir, ada sebanyak 161 PSN, yang telah selesai dikerjakan dengan menyerap 11 juta tenaga kerja.

Hal tersebut termasuk sejumlah PSN yang dikerjakan oleh INKA yakni LRT Jabodebek dan KRDE Makassar-Parepare.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023