Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyebut api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII tahun 2023 mengobarkan semangat dan patriotisme. 

"Nilai-nilai semangat dan patriotisme yang berkobar dalam api Porprov VIII/2023 diharapkan bisa tersemai di seluruh atlet, pelatih, ofisial, serta wasit dan masyarakat Jatim untuk menyukseskan perhelatan pekan olahraga ini," katanya saat menerima api Porprov VIII/ 2023 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis malam.

Api Porprov tersebut diambil dari Candi Pari, Kabupaten Sidoarjo, pada 4 September 2023. 

Kemudian dikirab melewati empat kabupaten/ kota yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Porprov Jatim VIII/ 2023, yaitu dari Kabupaten Sidoarjo menuju Kabupaten Mojokerto, Jombang, Kota Mojokerto, sebelum akhirnya tiba di Surabaya.  

"Perjalanan obor api Porprov ini melewati 45 kecamatan di empat kabupaten/kota tuan rumah Porprov. Melambangkan semangat patriotisme 45, mudah-mudahan mengantarkan suksesnya Porprov VIII tahun 2023," ujar Khofifah.

Porprov Jatim VIII tahun 2023 rencananya dibuka tanggal 9 September 2023 di Sidoarjo. Sejumlah cabang olahraga telah berlangsung sejak 20 Agustus lalu. Mempertandingkan sebanyak 54 cabang olahraga yang dijadwalkan berlangsung hingga 16 September 2023. 

Terdata jumlah atlet yang ikut sebanyak 13.008 orang dan  4.720 ofisial. 

Gubernur Khofifah memberikan pesan khusus agar seluruh peserta mengedepankan sportivitas dan fair play, serta memberikan kemampuan sebaik mungkin dalam mendulang prestasi. 

"Sportivitas itu ruh dari sebuah kompetisi, artinya semua harus fair play," tuturnya.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023