Sebanyak 13 industri di wilayah Jawa Timur, berkomitmen untuk mengendalikan pencemaran dan mencegah kerusakan lingkungan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.  

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Smelting, Irjuniawan P Radjamin dalam keterangan yang diterima di Kabupaten Malang, Selasa mengatakan, langkah pengendalian pencemaran dan mencegah kerusakan lingkungan menjadi kewajiban bagi sektor industri.  

"Kami juga melaporkan kegiatan kami dalam dukungan pengendalian lingkungan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Dinas Lingkungan Hidup," kata Irjuniawan.

Sebanyak 13 industri yang turut serta menandatangani nota kesepahaman tersebut diantaranya adalah PT Smelting, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bali Nusra, PT Kimia Farma-Plant Watudakon, dan PT Semen Indonesia (Persero) TBK, PT Petrokimia Gresik.

Ia menambahkan, salah satu bentuk dukungan yang dilakukan oleh PT Smelting tersebut adalah melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai Pangkah Kulon, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik.

"Kemudian bersama-sama dengan Taman Safari Indonesia dan Kementerian Lingkungan Hidup melaksanakan konservasi satwa dilindungi seperti Elang Jawa dan Komodo," katanya.

Dalam penandatanganan nota kesepahaman yang bertepatan dengan Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia di Jawa Timur itu, PT Smelting mewakili 12 industri lain yang berada di wilayah tersebut.

Di lingkungan warga, PT Smelting bersama Relawan Eco Enzym Indonesia juga melakukan edukasi masyarakat untuk mengolah limbah domestik berupa sisa makanan, sayur dan buah menjadi cairan eco enzyme yang memiliki berbagai manfaat.  

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan perlunya upaya untuk mengoptimalisasi metode reduce, reuse, recycle (3R) khususnya terhadap sampah plastik guna menjaga kelestarian lingkungan yang ada di wilayah tersebut.

"Oleh karena itu sama-sama kita coba maksimalkan bagaimana sampah-sampah plastik itu bisa dikurangi. Maka reduce, recycle, reuse bisa kita lakukan," kata Khofifah.

Gubernur Khofifah bersama Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Malang Mayor Jendral TNI Haryanto juga melakukan penanaman 10 ribu pohon pada lahan produktif yang ada di Markas Komando Divisi Infanteri (Mako Divif) 2 Kostrad Malang.



 

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023