Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Menembak dan Berburu Indonesia (Pengprov Perbakin) Jawa Timur menyambut kedatangan para atlet muda yang baru merampungkan kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI di Palembang, Senin.

Ketua Umum Pengprov Perbakin Jawa Timur Mayjen TNI (Purn) Dr Istu Hari Subagio mengatakan para atlet yang tergabung di Kontingen Jawa Timur berhasil mendulang total enam medali.

"Di 16 item yang ada kami ikuti 11 item dan dapat tiga emas, satu perak, dua perunggu. Kami mendapatkan peringkat kedua nasional," kata Istu kepada ANTARA di Kantor Sekretariat Perbakin Jawa Timur, Jalan Gajah Mada, Surabaya.

Menurut Istu, capaian yang diraih oleh para penembak Jawa Timur merupakan  hasil gemilang.

"Kami mensyukuri olahraga yang lagi booming, dan pertama kali diadakan di Popnas dan Jawa Timur langsung ikut tampil," ujarnya.

Dia menambahkan Pengprov Perbakin Jawa Timur terus berupaya mengembangkan bakat para atlet muda sehingga bisa masuk ke jenjang profesional.

"Istilahnya untuk mau jadi atlet seniornya akan terus meningkat lagi menjadi tantangan nya lebih banyak, ada juga tembak reaksi, tembak berburu juga ada, dan mereka semua potensial," ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga siap melakukan evaluasi untuk memperbaiki sejumlah kekurangan yang ada, diharapkan hal itu berdampak pada performa para atlet ke depan.

"Dan ini menjadi cambuk bagi kami, tanggal 9 September ada Porprov semoga dengan evaluasi yang bagus kami bisa dapat emas yang lebih lagi," katanya.

Di tempat yang sama, penembak asal Kontingen Jawa Timur yang juga peraih dua medali emas Popnas Palembang Lukman Syarif mengaku bersyukur bisa menyumbangkan torehan medali.

"Saya juga punya target dari pelatih dan saya lakukan sebaik mungkin dan Alhamdulillah bisa tercapai dapat dua emas," kata pelajar kelas 11 asal SMK IT Al Uswah Surabaya itu.

Senada, penembak lainnya Vino Zoelyan Harianto menyebut pada ajang tersebut dia berhasil meraih satu medali emas.

"Saya bangga karena bisa menang dan menyumbangkan emas di Popnas ini," ucapnya.

Pelajar asal SMP Negeri 1 Gondang, Mojokerto mengaku tak mendapati kendala apapun saat bertanding. Namun dia menyatakan siap berlatih lebih keras untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi. 

"Tidak kendala, tidak terlalu gugup. Ke depannya semoga bisa diperbaiki lagi," katanya.


Berikut nama-nama penembak Jawa Timur yang berhasil menyabet medali di Popnas Palembang.

1. Vino Zoelayan Harianto meraih satu medali emas dari nomor Wrabf Putra.

2. Luqman Syarif meraih dua medali emas dari nomor Tripose dan Imssu Putra.

3.Hanin Azzahra meraih satu medali perak dari nomor Tripose Putri.

4. Elsa Cahyaningtyas meraih satu medali perunggu dari nomor Air Rifle Women Individual.

5. Devi Syakila Ramadhani, Najwa Fajrin Ramadhani, dan Febi Eka Putri meraih satu medali perunggu dari nomor Air Pistol Women Team.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023