Pemerintah Kabupaten Mojokerto Jawa Timur terus berupaya mengurangi pengangguran salah satunya melalui bursa kerja yang diselenggarakan di SMKN 1 Jatirejo, Mojokerto.
 
"Kami bersyukur di Kabupaten Mojokerto banyak perusahaan yang siap menjadi lapangan kerja bagi para pencari kerja," kata Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di sela kegiatan bursa kerja, Selasa.
 
Ia mengatakan, bursa kerja tersebut sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Mojokerto untuk mengatasi permasalahan ketenagakerjaan.
 
"Bursa kerja ini bekerja sama dengan 37 perusahaan dengan 1.831 formasi lowongan pekerjaan," ujarnya.
 
Ia mengatakan, permasalahan tenaga kerja menjadi tanggung jawab bersama untuk menyelesaikan.
 
"Masalah ketenagakerjaan ini menjadi tanggung jawab bersama seperti dunia usaha, lembaga pendidikan, serta orang tua pun turut bertanggungjawab dalam menyelesaikan permasalahan ini," tuturnya.
 
Ia mengatakan, anak-anak lulusan baru (fresh graduate) ini merupakan usia-usia produktif yang haus mencari pengalaman kerja.
 
"Kemampuan itu kalah mahal dengan pengalaman kerja, ketika pengalaman kerja tinggi, seiring itu juga kemampuan semakin bagus," katanya.
 
Ia menjelaskan, saat ini Indonesia sedang pada posisi mendapatkan bonus demografi, dimana lebih banyak masyarakat usia produktif dibanding masyarakat yang sudah tidak produktif dan harus dimanfaatkan dengan baik.
 
"Kalau tidak dimanfaatkan, maka begitu kemudian bonus demografi ini lewat, maka akan terlewat. Itu yang akan terjadi kalau sama-sama tidak mengupayakan memanfaatkan bonus demografi ini," ujarnya.
 
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Mojokerto, Bambang Purwanto menyampaikan bursa ini tidak hanya diikuti pencari kerja dari Kabupaten Mojokerto tetapi juga pencari kerja dari daerah sekitar.
 
"Data pencari kerja yang hadir, terakhir kami catat sebanyak tujuh ribu lebih pencari kerja. Sekitar tiga ribu pencari kerja dari Kabupaten Mojokerto, dan empat ribu lebih dari luar Kabupaten Mojokerto," tuturnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023