Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi anak-anak yang mengikuti upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dari luar pagar Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 17 Agustus 2023.

"Terdapat 42 anak yang tertangkap kamera sedang hormat dari luar pagar Grahadi saat pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus lalu. Kemarin bersama orang tuanya kami undang ke Grahadi," katanya melalui keterangan tertulis di Surabaya, Selasa.

Menurutnya undangan ini merupakan apresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim kepada anak-anak beserta orang tuanya yang turut mengikuti upacara HUT ke- 78 RI.

Kepada para tamu spesial itu, Gubernur Khofifah memberikan suvenir berupa tas sekolah, alat tulis, buku tulis, buku bacaan “Kecil-kecil Punya Karya”, boneka kecil, mainan, aneka biskuit, susu, dan telur, serta uang pengganti transportasi.

“Belajar yang rajin, jadi anak yang soleh atau solehah, ilmunya manfaat  dan barokah. Mudah-mudahan para orang tua diberi kesehatan dan dilancarkan rezekinya,” pesan Gubernur Khofifah kepada anak-anak dan orang tuanya.

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini mengapresiasi para orang tua yang mengajak serta anak-anaknya hadir dalam upacara peringatan HUT ke-78 RI meskipun mengikutinya di luar pagar halaman Grahadi.

Menurutnya itu menjadi salah satu edukasi nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme sejak dini. 

“Sangat penting sekali menanamkan semangat nasionalisme dan patriotisme sejak dini kepada anak-anak. Kelak merekalah yang akan meneruskan perjuangan kita membangun dan memajukan Indonesia,” ujarnya.

Gubernur Khofifah mengibaratkan anak-anak adalah telur emas yang kelak akan menetas menjadi garuda emas dan mengantarkan negeri ini menuju Indonesia Emas 2045.  

Saat ini  Indonesia menyongsong bonus demografi dengan jumlah penduduk usia produktif yang akan mendominasi. 

"Mari siapkan generasi emas menjemput Indonesia Emas 2045. Saat itulah generasi muda akan menempati posisi-posisi strategis dalam bahtera Indonesia. Oleh karena itu, kualitas sumber daya manusia sangat berpengaruh terhadap arah kemajuan Indonesia,” katanya.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023