Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme mengajak pemuda di Jawa Timur melawan radikalisme dan terorisme melalui kegiatan Aksi Musik Anak Bangsa atau Asik Bang.

Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Jawa Timur Hesti Armiwulan kepada wartawan di Surabaya, Rabu, mengatakan bahwa untuk melawan, mencegah dan melenyapkan terorisme tidaklah mudah karena hal itu adalah soal pemahaman.

"Jadi, tidak langsung orang menjadi teroris, ada tahapannya, yaitu mungkin menjadi simpatisan dulu, kemudian dia merasa hanya golongannya yang benar, golongan yang lain salah semua. Lalu radikalisme, intoleran kemudian menjadi terorisme," ujarnya.

Soal pencegahan terorisme, menurut Hesti, hingga kini di Provinsi Jawa Timur telah dilakukan dengan pelbagai cara. Kepada masyarakat dijelaskan pemahaman-pemahaman soal radikalisme, ekstremisme sehingga diperlukan sinergi untuk mencegah gejala-gejala ke arah terorisme tersebut.

"Berdasarkan hal itu, Asik Bang menjadi salah satu upaya pemerintah, khususnya BNPT, dalam meningkatkan peran serta pemuda dalam menyebarkan pesan-pesan perdamaian guna mencegah dan menanggulangi radikalisme, ekstremisme dan terorisme," kata dia.

Hesti mengatakan peserta Asik Bang tersebut sebelumnya telah mengikuti seleksi hingga akhirnya menjadi peserta untuk sekaligus ikut berkompetisi.

Kepala Bidang Pemuda dan Pendidikan FKPT Jatim Bambang Sigit Widodo menambahkan peserta yang ikut berkompetisi Asik Bang terbagi dua kategori, yaitu musisi solo dan band, duo, vokal grup atau paduan suara. Namun, dalam kegiatan ini didominasi kategori penyanyi solo.

"Yang fix tampil band itu ada dua, total pendaftar band ada beberapa, yang masuk seleksi ada empat, tapi yang tampil hari ini ada dua band dan yang lainnya solo," katanya.

Sebelumnya, para peserta terlebih dahulu mendaftar melalui Google form yang disediakan FKPT, dengan menyertakan link video musik atau audio visual yang telah dipublikasikan melalui YouTube.

Bambang menyampaikan pemenang Asik Bang nantinya akan mewakili Provinsi Jatim pada kompetisi tingkat nasional yang digelar akhir tahun 2023.

"Untuk tingkat nasionalnya, kita mengikut setelah semua provinsi selesai. Biasanya pada akhir tahun, mungkin November atau Desember itu sudah selesai semua untuk mewakili masing-masing provinsi," tuturnya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023