PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) terus berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan terutama di sekitar kawasan industri yang sejalan dengan visi perusahaan yaitu menjadi pengembang kawasan industri modern yang terintegrasi dan ramah lingkungan dengan melakukan penanaman pohon tabebuya.

Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono dalam siaran persnya yang diterima di Surabaya, Selasa, mengatakan, bersama PT Amcor Specialty Cartons Indonesia (Amcor) dan Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF), pihaknya melakukan penanaman pohon tabebuya di kawasan industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) sebanyak 100 bibit.

"Kami dari pihak PT SIER sangat berterima kasih atas inisiasi mulia dari Amcor yang ingin melakukan penghijauan di kawasan industri PIER serta Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang telah menyediakan bibit pohon tabebuya," ucapnya.

Menurut dia, dukungan dari BLDF dinilainya sangat berdampak bagi kelestarian lingkungan, terutama bagi sekitar kawasan industri yang menjadi rumah bagi berbagai perusahaan beserta karyawan di dalamnya.

"Terlebih, dampak dari penanaman pohon ini sangat berpengaruh besar di masa yang akan mendatang bagi banyak orang. Semoga dengan adanya penghijauan ini kita bersama-sama juga telah mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 15 yaitu Ekosistem Daratan yang memiliki tujuan selaras," kata Didik.

Sementara itu, Presiden Direktur Amcor Langgeng Widodo juga mengucapkan terima kasih kepada BLDF yang menyambut baik inisiatif dari pihaknya.

"Pada saat kita kunjungan bisnis tidak hanya berbicara mengenai bisnis tapi juga bagaimana anak cucu kita nanti bisa menikmati apa yang kita rasakan hari ini dengan kualitas yang mudah-mudahan lebih baik. Terima kasih juga untuk pengelola kawasan SIER dan PIER karena telah difasilitasi lahan untuk kegiatan penanaman pohon ini. Kami tidak punya lahan, tapi kami punya niat baik bagaimana bersinergi dengan semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama menyelamatkan bumi," ujar Langgeng.

Kegiatan yang mengusung slogan "Safe The Planet with Planting Trees" tersebut, menurut Langgeng, dapat terwujud karena adanya yang peduli akan masa depan bumi karena manfaat menanam pohon tabebuya di kawasan industri salah satunya memiliki kemampuan menyerap senyawa karbon yang berbahaya dan bisa bertahan di cuaca kering maupun lembab.

"Dampak positif yang didapat dari penanaman pohon ini bahkan bisa dirasakan bertahun-tahun kemudian karena bisa mengurangi pemanasan global dan memperbaiki kualitas udara di lingkungan sekitar," katanya.

Perlu diketahui, penanaman pohon secara simbolis diawali oleh Langgeng Widodo (Presiden Direktur Amcor), dilanjutkan oleh Anton Edy Purnomo (Senior Manager – Community Development Bakti Lingkungan Djarum Foundation) dan Didik Prasetiyono (Direktur Utama PT SIER).

Turut hadir pula Silvester Budi Agung (Direktur Pemasaran dan Pengembangan PT SIER), Lussi Erniawati (Direktur Operasi PT SIER), dan Sudarto (Kepala Divisi PIER).

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023