Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara elektabilitas menjadi salah satu favorit sebagai bakal calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk Pemilihan Presiden 2024 versi Surabaya Survei Center (SSC).
 
Berdasarkan siaran pers yang diterima di Surabaya, Jumat, hasil riset SSC menunjukkan putra mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini memuncaki perolehan tingkat elektabilitas Cawapres dengan angka 15,2 persen.
 
“Di bawahnya ada nama Erick Thohir dengan perolehan 15 persen, lalu Mahfud MD dengan angka 14,7 persen,” ujar Peneliti Senior SSC, Ikhsan Rosidi.
 
Menurut dia, di Jawa Timur nama AHY perlahan namun pasti angka elektabiltasnya terus menguat dan mencapai posisi teratas saat ini.
 
Di bawah Erick Thohir dan Mahfud MD, ada Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil dengan masing-masing perolehan 8,8 persen dan 8,5 persen.
 
Dipilihnya AHY sebagai cawapres favorit berseiring dengan hasil survei SSC yang memotret bahwa Partai Demokrat adalah partai paling dipilih warga Jatim sebagai partai dianggap bisa melakukan perubahan.
 
Partai Demokrat dipilih oleh 16,2 persen. Sedangkan, dua partai politik dengan angka tertinggi lainnya adalah PKS dengan 12,8 persen, dan Partai Gerindra dengan perolehan 12,5 persen.
 
Hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC dilaksanakan sejak tanggal 25 Juli sampai 3 Agustus 2023, di 38 kabupaten dan kota se-Jawa Timur dengan mengambil 1.200 responden menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.
 
Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023