Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto, Jawa Timur memberikan pelatihan kewirausahaan berbasis digital marketing bagi karang taruna se-Kecamatan Dlanggu, Mojokerto guna meningkatkan kualitas organisasi kepemudaan tersebut.
 
Kegiatan yang digagas Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Mojokerto ini dalam rangka meningkatkan kualitas kelembagaan karang taruna sebagai organisasi kepemudaan di tingkat desa atau kelurahan supaya dapat berperan aktif dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial.
 
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dalam keterangan pers di Mojokerto, Jumat menyampaikan perkembangan dunia teknologi dan informasi yang saat ini masuk pada era revolusi industri 5.0 menyebabkan permintaan pasar yang kustomisasi.
 
"Jadi ini tantangan. Bagaimana kita harus mampu menyesuaikan diri dengan situasi seperti ini. Salah satunya melalui pemasaran digital ini," ujarnya.
 
Bupati juga meminta karang taruna mampu menjadi pelopor dalam mengembangkan potensi desa masing-masing. Setidaknya mampu membaca potensi di wilayah masing-masing yang bisa dikembangkan.

"Bagaimana kita bisa menilai potensi apa yang bisa kita kembangkan, sehingga menjadi sumber dan penggerak roda perekonomian," katanya.
 
Ia berharap para anggota karang taruna terus belajar supaya ke depan pasar digital akan semakin menguasai perekonomian negara bahkan dunia. Ia juga meminta pemuda selalu produktif, membuka pola pikir, dan berfikir positif serta memiliki ilmu dan kemampuan dalam melakukan mitigasi dan estimasi dalam menghadapi suatu permasalahan-permasalahan.
 
"Karena pasti setiap waktu menghadapi masalah dan akan bisa menyelesaikan masalah itu kalau kita punya pengalaman dalam menyelesaikan masalah. Jadi, mari terus mencoba berlatih, siap untuk gagal dan mencoba kembali. Karena sukses itu, diraih setelah kita menghadapi dari berbagai kegagalan tadi," demikian Ikfina Fahmawati.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023