Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menargetkan dapat menggelar setidaknya 10 angkatan uji kompetensi wartawan (UKW) hingga akhir 2023.

"UKW yang kami gelar pada 21-23 Juli 2023, merupakan yang kesembilan yang digelar PWI Malang Raya. Insya Allah Desember mendatang kami gelar lagi untuk menggenapi 10 angkatan," kata Ketua PWI Malang Raya Ir.Cahyono di sela technical meeting bagi peserta UKW angkatan ke-51 secara nasional di Kantor PWI Malang Raya di Malang, Kamis.

Cahyono berpesan agar seluruh peserta berikhtiar maksimal agar dapat lulus semua.

Menurut dia, sebetulnya materi ujian ini merupakan pekerjaan sehari-hari bagi seorang wartawan. Namun, saat ujian di hadapan penguji (asesor) rata-rata menjadi gugup.

"PWI Malang Raya memiliki misi untuk membekali kompetensi kepada seluruh wartawan, baik yang ada di Malang Raya, Jawa Timur, bahkan nasional melalui UKW secara gratis," ungkap Cahyono.

Ia mengatakan kelulusan UKW sebagai tiket untuk bergabung menjadi anggota PWI. Harapannya marwah organisasi kewartawanan ini dapat terjamin dari ketidak kompetensiannya seorang jurnalis.

UKW angkatan 51 yang digelar PWI Malang Raya membuka kuota nasional, Selain diikuti wartawan dari Malang Raya, juga diikuti wartawan dari berbagai kota seperti Surabaya, Situbondo, Ponorogo, Pasuruan, Jombang, bahkan Jakarta serta luar pulau, seperti Makassar dan Kendari.

Dalam kesempatan yang Sekretaris PWI Malang Raya Muhaimin menyampaikan UKW ini dilaksanaan pada 21-23 Juli 2023.

Muhaimin juga berbagi pengalaman lolos UKW sampai jenjang Utama. Ia menginformasikan kepada seluruh peserta, rencananya dalam penutupan UKW juga diselenggarakan seminar moneter untuk membuka wawasan wartawan, khususnya di bidang ekonomi.

"Technical meeting sebagai upaya panitia agar peserta tidak gugup, dengan menyiapkan mental dan berbagai piranti penunjang ujian, di antaranya laptop dan flashdisk," tuturnya.

Selain itu, bank data narasumber untuk kontak jejaring sesuai jenjang yang ditempuh peserta.

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023