Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur dan BPJS Kesehatan menjalin kerja sama untuk peningkatan mutu layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi masyarakat setempat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri Apip Permana di Kediri, Rabu, mengatakan peningkatan mutu layanan tersebut tentunya sebagai hal yang baik.

Pemkot juga menyambut baik sosialisasi Program JKN-KIS kepada ASN Kota Kediri karena pemahaman dan kemudahan akses layanan program tersebut sebagai hal penting dimiliki ASN.

"Sebagai ASN kami bertugas memberikan informasi yang aktual dan tepat pada masyarakat, jadi penting bagi ASN untuk mengetahui berbagai informasi terkait pelayanan di Kota Kediri, termasuk tentang layanan Program JKN-KIS," katanya.

Ia mengharapkan melalui sosialisasi program itu dilakukan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kediri membuat para ASN bisa memanfaatkan inovasi digital yang diberikan BPJS Kesehatan serta dapat menyebarkan informasi ini kepada rekan ASN lainnya dan masyarakat sekitarnya.

"Kesuksesan suatu program dan layanan dapat dinilai dari keberhasilan publikasinya. Semakin banyak masyarakat yang tahu dan mengakses, akan semakin terasa manfaat dari sebuah inovasi dan layanan yang diberikan," kata dia.

BPJS Kesehatan dan Pemerintah Kota Kediri juga menjalin kerja sama dalam meningkatkan mutu layanan BPJS Kesehatan melalui UPTD terkait, seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kota Kediri, untuk pelayanan kepesertaan Penerimaan Bantuan Iuran Daerah (PBID), seluruh puskesmas di Kota Kediri, Rumah Sakit Gambiran, dan Rumah Sakit Kilisuci Kediri.

Selain itu, ada monitoring evaluasi kinerja fasilitas kesehatan serta kegiatan forum pemangku kepentingan JKN.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kediri Tutus Novita Dewi mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi tentang program BPJS Kesehatan.

Kegiatan dilakukan dengan melibatkan fasilitas kesehatan, para pemangku kepentingan, dan masyarakat umum, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Selain itu, katanya, menjalin kerja sama dalam meningkatkan mutu layanan BPJS Kesehatan.

"Melalui sosialisasi ini, kami ingin mendekatkan Program JKN dan meningkatkan pemahaman peserta, salah satunya ASN di Pemkot Kediri terkait aturan terbaru Program JKN. Baik itu hak, kewajiban, administrasi kepesertaan serta inovasi cara cek status kepesertaan yang telah dibuat BPJS Kesehatan," kata dia.

Ia menjelaskan pada era digital saat ini, inovasi berbasis digital dalam layanan BPJS Kesehatan sebagai hal penting karena melalui kanal-kanal layanan BPJS Kesehatan peserta dapat memperoleh layanan tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

"Dalam memudahkan akses layanan Program JKN, peserta dapat mengakses aplikasi Mobile JKN, PANDAWA, Chat Assistant JKN (CHIKA) dan Care Center 165. Di mana melalui kanal-kanal ini, peserta dapat mencetak kartu secara digital, mengubah dan menambah data, skrining riwayat kesehatan hingga pengecekan status dan tagihan, serta masih ada beberapa layanan lainnya," ujar dia.

Ia berharap, masyarakat atau publik memahami kinerja pengelolaan Program JKN sehingga pelaksanaan dan mutu layanan Program JKN di wilayah itu ke depan bisa lebih meningkat yang tentunya dengan dukungan Pemerintah Kota Kediri.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023