Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA Biro Jawa Timur menggandeng Redaksi Jatim Newsroom (JNR) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur, menggelar pelatihan fotografi jurnalistik di Surabaya, Selasa (18/7).

Kepala Biro LKBN ANTARA Jawa Timur Rachmat Hidayat mengatakan ANTARA Biro Jatim selalu terbuka untuk bekerja sama dengan siapa pun, termasuk pemegang kebijakan di daerah.

"Oleh karena itu, kami berterima kasih dilibatkan dalam pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang jurnalistik di Diskominfo Jatim, karena itu memang keahlian kami," katanya menjelaskan.

Dalam pelatihan itu, LKBN ANTARA Biro Jatim meminta fotografer senior ANTARA, Zabur Karuru untuk membagikan materi foto yang bertajuk "Seni Melihat" di Ruang Wilis, Diskominfo Jatim, Surabaya.

"Hari ini kita akan mempelajari Seni Melihat. Jadi yang kami ingin diskusikan adalah bagaimana caranya agar foto yang kita hasilkan bisa bercerita. Supaya orang bisa melihat foto kita itu wah bagus juga ya," ujar Zabur di hadapan fotografer, reporter, dan desainer JNR.

Zabur menekankan, sebuah foto adalah bentuk komunikasi, dan inti komunikasi adalah kesan. "Jadi kami pikirkan bagaimana foto bisa memberi kesan. Kalau ada kesannya, foto itu bisa membekas di memori kita sampai bertahun-tahun," katanya, menegaskan.

Ia pun memberikan contoh beberapa foto kegiatan seremoni yang tetap bisa dikemas dengan lebih humanis.

"Harus ada komunikasi di dalamnya. Misal ada gerakan tangan saat memindah kendi atau sertifikat penghargaan, dan memotret manusia itu intinya ada di mata. Ada interaksi. Arah pandang itu mempengaruhi di mana orang ini harus ditempatkan," papar Zabur.

Para peserta juga diberi kesempatan bertanya dalam sesi tanya jawab dan mempraktikkan langsung teori yang dipaparkan dengan objek berupa air mineral. (*)

 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023