Pemerintah Kota Batu mempromosikan sektor pariwisata dalam pameran Indonesia City Expo (ICE) 2023 yang digelar di Anjungan City Point of Indonésia, Makassar, Sulawesi Selatan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dalam keterangan yang diterima di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis mengatakan, Pemerintah Kota Batu mengoptimalisasi pameran itu untuk mempromosikan sektor pariwisata termasuk produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Kita akan maksimalkan pameran kali ini, menyambut setiap pengunjung yang diharapkan membawa dampak baik bagi pertumbuhan ekonomi Kota Wisata Batu," kata Aries.

Aries menjelaskan, sejumlah potensi wisata yang diperkenalkan pada pameran tersebut antara lain adalah Taman Rekreasi Selecta dan destinasi wisata Jatim Park Group. Kota Wisata Batu, selain memiliki potensi wisata alam, juga dilengkapi wisata buatan berupa taman hiburan.

Menurut dia, selain memperkenalkan sektor pariwisata di Kota Batu tersebut, Pemerintah Kota Batu juga menyiapkan sebanyak 250 paket oleh-oleh berupa buah apel, jeruk dan juga 200 mawar segar untuk dibagikan kepada para pengunjung.

"Masing-masing peserta memamerkan potensi dan keunggulan masing-masing daerah. Termasuk Kota Wisata Batu yang menonjolkan potensi unggulan yaitu pariwisata, pertanian dan UMKM," katanya.

Selain itu, lanjut Aries, Kota Batu memamerkan potensi bunga anggrek yang bisa dinikmati keindahannya. Namun, bagi para peminat bunga anggrek tersebut baru bisa membeli bunga tersebut melalui pemesanan dengan petani atau toko bunga.

"Untuk bunga anggrek, jika ada yang ingin membeli bisa langsung berhubungan dengan petani atau toko bunga di Kota Batu secara langsung," katanya.

Sejumlah produk buatan UMKM Kota Batu lain yang diperkenalkan dalam pameran itu antara lain adalah minuman sari buah, keripik buah dan lainnya. Selain itu, gerai Pemerintah Kota Batu dalam pameran tersebut juga menggelar kuis berhadiah tiket wisata Jatim Park Group.

Pameran Indonesia City Expo (ICE) yang digelar di Anjungan City Point of Indonésia, tersebut, merupakan rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) pada 11-14 Juli 2023.

"Kegiatan expo merupakan salah satu kegiatan APEKSI untuk mempromosikan potensi 98 anggota APEKSI," katanya.

Indonesia City Expo merupakan pameran tahunan yang bertujuan untuk mempublikasikan capaian pembangunan dalam bidang tata kelola yang berkelanjutan dan bisa membuka peluang kerja sama antara pemerintah dengan sektor swasta.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023